2.057 warga Pekanbaru rentan COVID-19 tuntas jalani rapid test

id Rapid test, pekanbaru

2.057 warga Pekanbaru rentan COVID-19 tuntas jalani rapid test

Alat raoid test. (ANTARA/Ahmad Subaidi).

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 2.057 warga Pekanbaru yang rentan akan tertular COVID-19, tuntas jalani rapid test dari Dinas Kesehatan (Diskes) setempat, guna mengetahui lebih dini untuk penanggulangan virus mematikan tersebut.

"Mereka yang rapid test adalah tenaga medis yang ada di Rumah Sakit, pasien di RS yang tanpa gejala, warga di zona merah COVID-19, awak media dan sebagainya," kata Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, di Pekanbaru, Senin.

Kata Muhammad Amin, dari 2.057 kali rapid test, Diskes menemukan 21 warga yang reaktif. Selanjutnya dilakukan uji swab PCR terhadap masyarakat yang reaktif. Dari hasil tersebut 18 negatif dan tiga positif.

"Tiga orang yang positif COVID-19 itu, dua merupakan pasien di layanan kesehatan, satu saat jalani rapid test massal di Kelurahan Tobek Godang," katanya.

Muhammad Amin mengatakan, Diskes akan terus menggelar rapid test di sejumlah lokasi. Sebagai cara untuk memutus mata rantai COVID-19 dengan cepat, dan sukses menyembuhkan.

Paling banyak peserta rapid test di rumah sakit. Mereka melakukannya terhadap 1.021 pasien dengan gejala dan tanpa gejala.

Kata dia, Diskes sudah menggelar rapid test massal di Pasar Simpang Baru, Kelurahan Sialang Munggu, Kelurahan Tobek Godang dan Kelurahan Delima. Selanjutnya akan digelar di Tangkerang besok, (Selasa) dan Tenayan Raya Kamis.

"Rapid test besok rencana di Kantor Camat Tenayan Raya dan Pasar Tangor, tim menyiapkan 1000 alat," tukasnya.