Gerombolan Gajah Liar Berkeliaran Di Jalan Raya

id gerombolan gajah, liar berkeliaran, di jalan raya

Dumai, 1/8 (ANTARA) - Gerombolan gajah liar yang berjumlah sekitar 13 ekor terdiri atas lima gajah dewasa, empat remaja dan anakan terpantau oleh warga berkeliaran di jalan raya penghubung Kota Duri Bengkalis dan Pekanbaru.

Seorang warga Kecamatan Pinggir, Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Ahmad, kepada ANTARA Senin mengatakan, kawanan hewan bongsor itu di jalan raya sudah berlangsung sejak dua hari terakhir.

"Sampai pagi tadi gajah-gajah itu juga masih terlihat berkeliaran di jalan raya kilometer 4 tepatnya didekat PT Kojo Balai Raja," ujarnya.

Belasan ekor gajah yang dimungkinkan terdiri dari tiga keluarga itu sempat membuat warga yang melintas di sekitarnya khawatir dan "was-was".

"Warga takut gajah-gajah ini mengamuk dan merusak kendaraan dan melukai masyarakat terutama anak-anak," kata Ahmad.

Melalui sambungan telepon, seorang staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Provinsi Riau untuk Bengkalis khususnya Kecamatan Mandau dan Pinggir, Nanang mengaku telah mendapatkan laporan tentang kawasan hewan "raksasa" yang berkeliaran di jalan raya itu.

"Kita juga telah melakukan pemantauan dan terus mengawasi pergerakan kawanan gajah-gajah itu. Setidaknya mengantisipasinya agar tidak sampai ke jalan raya," ujarnya.

Menurut Nanang, belasan gajah tersebut sejauh ini belum menganggu aktifitas kelancaran kendaraan di jalan raya dan warga sekitar.

"Begitu terlihat akan menuju ke jalan raya dan pemukiman warga, kita langsung menghalaunya. Bagi warga sekitar, kita juga mengimbau agar tidak memberanikan diri untuk mendekati kawanan gajah tersebut guna mengantisipasi amukannya yang bisa kapan saja," kata Nanang.