BPS Riau apel siaga peluncuran Sensus Penduduk Daring

id Bps,sensur penduduk daring,berita riau antara,berita riau terbaru

BPS Riau apel siaga peluncuran Sensus Penduduk Daring

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, menggelar apel siaga pencanangan Sensus Penduduk Online (SPO) atau daring  tahun 2020, di Pekanbaru, Jumat (14/2). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, menggelar apel siaga pencanangan Sensus Penduduk Online (SPO) atau daring tahun 2020, di halaman Kantor BPS Riau, Jalan Pattimura, Pekanbaru.

"Ini pertanda dimulainya SPO yang akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia pada hari Sabtu tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020," kata Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin yang bertindak sebagai pembina apel di Pekanbaru, Jumat.

Misfaruddin mengatakan apel ini untuk memastikan kesiapan semua tenaga dan sistem, guna suksesnya SPO di Riau.

"Semua pihak harus berperan aktif dalam sensus penduduk yang penyelenggaraannya ini dilakukan setiap 10 tahun sekali. Sehingga sensus ini bisa terlaksana dengan baik, kemudian kita dapatkan data seluruh warga provinsi Riau dengan benar," katanya.

Dia berharap penginputan data pada sensus penduduk ini nantinya valid dan tidak ada kekeliruan, serta perbedaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Stastisik Sosial, Ahmad Azhari meminta peran aktif dari seluruh masyarakat untuk menyukseskan Sensus Penduduk tahun 2020.

Ia mengimbau pemerintah provinsi maupun kabupaten membangun dan berkoordinasi untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mensuskeskan sensus penduduk 2020 ini.

"Kami juga akan mensosialisasikannya dengan cara melakukan Rakorcam dengan mengundang seluruh kepala daerah se-Provinsi Riau sehingga nanti dengam Rakorcam kepala daerah bisa menyampaikannya kepada RT/RW selanjutnya sampai kepada masyarakat," katanya.

Azhari juga mengajak masyarakat untuk melakukan SPO terutama yang sibuk seperti ASN bisa melakukannya dengan cara online atau daring.

Sikatakannya lagi, meski sensus penduduk tahun 2020 sudah bisa diakses pada tanggal 15 Februari. Namun dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau akan melakukan pengisian data secara serentak pada tanggal 17 Februari.

"Akan dilakukan di hari Senin yang dimulai oleh Gubernur Riau, Syamsuar di Balai Serindit kediaman gubernur Riau. Pada tanggal 17 Februari itu akan dipandu oleh pihak BPS langsung dan akan dimulai oleh Gubernur dan Wakil Gubernur, FKPD Riau, Sekda, para asisten dan ini akan memulai yang pertama untuk melakukan sensus online," pungkasnya.

Baca juga: BPS Riau imbau masyarakat aktif ikut sensus penduduk daring

Baca juga: Presiden Joko Widodo canangkan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar