BPS Riau imbau masyarakat aktif ikut sensus penduduk daring

id Spo,sensus penduduk, BPS Riau

BPS Riau imbau masyarakat aktif ikut sensus penduduk daring

Seorang Aparatur Negeri Sipil (ASN) mendatangani komitmen bersama dukung sensus penduduk saat rapat koordinasi daerah sensus penduduk 2020. (ANTARA/Oky Lukmansyah)

 Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mengimbau masyarakat berpartisipasi aktif ikut mengisi data pribadi pada sensus penduduk daring atau online yang mulai dilaksanakan 15 Februari 2020.

Dokumen Sensus Penduduk Online (SPO) dapat diunggah masyarakat di laman bps.go.id.

"Silakan mengakses di http://sensus.bps.go.id/cek dengan mengisikan NIK dan nomor KK kamu," kata Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin, di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan Misfaruddin, Badan Pusat Statistik Provinsi Riau akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020 secara Online 2020 dan bisa diakses melalui laman sensus.bps.go.id.

Melalui SPO, masyarakat mendapatkan kemudahan dan kesempatan untuk memeriksa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) di database BPS sebelum mengisi Sensus Penduduk Online.

SPO ini merupakan terobosan baru dalam pelaksanaan SP2020. SPO dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan SPO.

Sementara itu, SPO juga bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, mulai dari informasi pribadinya.

"Sementara bagi penduduk yang belum berpartisipasi dalam SPO akan dicatat oleh petugas sensus pada 2020," katanya.

Ia mengatakan cara memeriksa NIK dan KK sebelum mengisi SPO yakni, kunjungi laman sensus.bps.go.id/cek. Kemudian masukkan NIK dan Nomor KK. Isikan juga kode captcha yang tertera.

Jika warga ada dalam database, maka akan muncul pemberitahuan bahwa mereka terdapat dalam database.

Namun jika data warga tidak ada dalam database, maka mereka dapat menunggu petugas sensus dalam Sensus Penduduk Wawancara.

"SPO akan dimulai pada 15 Februari 2020. Meski demikian, untuk cek NIK dan KK sudah bisa dilakukan mulai kini di sensus.bps.go.id," pungkasnya.

Baca juga: Presiden Joko Widodo canangkan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020