PT MASG bantu sejahterakan masyarakat sekitar

id PT MASG bantu sejahterakan masyarakat,PT MASG, Inhu, sawit

PT MASG bantu sejahterakan masyarakat sekitar

PT MASG bantu sejahterakan masyarakat. (ANTARA)

Rengat (ANTARA) - Pabrik pengolahan kelapa sawit PT Mustika Agung Sawit Gemilang (PT MASG) di Desa Semelinang Darat Peranap, Indragiri Hulu dinilai dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat khususnya di wilayah operasional perusahaan, bukan saja membuka lapangan kerja tetapi hasil panen sawit masyarakat dapat langsung masuk pabrik.

"Pihak perusahaan memberikan kesempatan itu bagi masyarakat, ini perlu mendapatkan dukungan dan apresiasi," kata Camat Peranap, Umar, di Rengat, Selasa.

Camat sangat optimis dengan hadirnya perusahaan PKS PT MASG tersebut memberikan dampak positif bagi banyak pihak, buktinya saat ini sudah bisa menampung 80 persen tenaga kerja lokal, dari total yang ada mencapai 150 pekerja sesuai dengan peluang yang disediakan.

PT MASG beroperasi khususnya untuk kepentingan umum masyarakat yang berada tepatnya di wilayah dua Desa Semelinang Darat, Kelurahan Peranap dan Desa Gumanti, hasil perkebunan warga ratusan ton setiap bulannya dapat dijual di perusahaan tersebut.

"PT MASG juga menerima pekerja kasar, semua dalam rangka membantu warga," ujarnya.

Baca juga: Sidak PT Adei Plantation, DPRD Riau temukan indikasi perambahan hutan di luar HGU

Camat juga menyebutkan, berharap tidak ada keluhan sejumlah Ram atau Peron sejenis agen penampung/pembeli sawit masyarakat yang merasa terusik dengan keberadaan PT MASG karena mampu membeli TBS sawit dengan harga tinggi dibanding dengan pembelian.

Pemerintah Kecamatan sangat berharap PT MASG dan masyarakat semua dapat kerja dan kemitraan dapat berjalan dengan optimal, sehingga semua kegiatan baik, tujuan untuk membantu mensejahterakan dan mengangkat ekonomi warga bisa terwujud.

Pihak perusahaan untuk tidak mudah dikendalikan oleh pihak lain dalam penentuan harga dan melayani masyarakat, intinya keberadaan PT MASG bisa memberikan dampak positip bagi semua pihak agar tujuan investasi tercapai sesuai dengan harapan.

"Tujuan baik pemilik modal harus di dukung sepenuhnya, namun jika ada yang membuat masyarakat merasa dirugikan dapat dibicarakan dengan baik," tegas Camat.

Pj Kepala Desa (Kades) Semelinang Darat, Suhardiman menambahkan, keberadaan PT MASG membawa keberuntungan buat warga Semelinang Darat khususnya, pasalnya perusahaan yang masih terbilang baru itu mampu mendongkrak harga sawit hingga mencapai Rp1.960 per Kg, sedangkan harga di sejumlah agen jauh dibawah harga beli PT MASG.

"Kami Pemerintahan Desa Semelinang Darat maupun Desa Gumanti mendukung penuh," ujar Musliati.

Selain itu, tegas Kades bahwa tidak pernah mempermasalahkan mana tapal batas antara kedua desa, semua berdasarkan hasil kesepakatan para tetua desa, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten.

Sekretaris Desa (Sekdes) Semilang Darat, Inhu, Suryanto mengakui bahwa, sebahagian besar warga menggantungkan hidupnya terhadap perusahaan PT MASG, ada warga Gumanti yang bekerja di perusahaan baik sebagai anggota bongkar muat.

Manajemen PT MASG melalui Zulkifli Panjaitan menjelaskan, keberadaan PT MASG di Kecamatan Peranap ini memang tujuannya selain berbisnis juga tidak memberikan kesempatan berusaha dan bekerja bagi masyarakat tempatan, selain mendongkrak ekonomi warga setempat.

"Karena itu dukungan semua pihak sangat dibutuhkan agar semua kegiatan berjalan lancar, mari dukung investasi masuk ke Inhu," terangnya.

Baca juga: DPRD Siak tinjau lahan PT Arara Abadi yang bermasalah

Baca juga: Video - Dinilai tak kooperatif, Proses hukum kasus karhutla PT Adei Plantation mandeg


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar