Ini Beberapa Fakta Soal Jerry Lewis

id ini beberapa, fakta soal, jerry lewis

Ini Beberapa Fakta Soal Jerry Lewis

Jakarta (Antarariau.com) - Jerry Lewis, komedian legendaris yang bermitra dengan aktor Dean Martin sebelum membintangi film-film komedinya sendiri, meninggal dunia di rumahnya di Las Vegas dalam usia 91 tahun, umum keluarganya seperti dikutip Reuters.

Lewis mulai terkenal karena memerankan si dungu yang berpasangan dengan si sopan yang diperankan Dean Martin. Dia juga menjadi komika ikonik di Prancis. Suatu kali dia pernah berkata "saya sukses besar karena memerankan orang yang total dungunya."

Berikut fakta-fakta menarik komedian sekaligus aktor itu:

* Lewis terlahir dalam nama Joseph Levitch pada 16 Maret 1926. Dia memakai nama panggung dari nama ayahnya yang juga artis panggung, Danny Lewis. Karir dunia hiburannya dimulai pada usia 5 tahun dengan menyanyikan "Brother, Can You Spare a Dime" di New York.

* Lewis mengawali kemitraan 10 tahunnya dengan Dean Martin pada 1946 dan mereka berdua sudah bersama membintangi 16 film, ditambah penampilan di berbagai klub malam dan televisi. Mereka pecah kongsi karena Lewis berminat menyutradarai dan memproduseri film, selain karena egonya, serta hasrat mendapatkan pengakuan dari Martin. Mereka sama-sama sukses membina karir solo.

* Martin dan Lewis bersatu kembali pada 1976 ketika Frank Sinatra membawa Martin ke panggung tahun itu. Mereka kemudian bersahabat lagi sampai Martin meninggal dunia pada 1995. Lewis menuliskan persahabatan mereka pada buku produksi 2005 berjudul "Dean and Me: A Love Story."

* Lewis menuanrumahi acara telethon pada 1966. Hanya disiarkan satu televisi di New York, acara ini mengeduk 1 juta dolar AS. Pada 1977 dia dicalonkan mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian karena kerja amalnya. Selama bertahun-tahun dia sukses menggalang dana untuk amal sebesar 2,45 miliar dolar AS.

* Karakter dungu yang dimainkan Lewis telah membuatnya menjadi komedian ikonik di Prancis. Lewis menyebut penggemarnya di Prancis dalam kalimat berikut, "Orang Prancis sangat berorientasi visual meskipun mereka berotak. Mereka menikmati apa yang mereka lihat dan tertawakan. Tapi setelah itu mereka bertanya kenapa."

* Lewis memerankan tujuh karakter pada komedi 1965 "The Family Jewels" yang skenarionya dia tulis dan juga disutradarainya.

* Putra Lewis menjadi pentolan band 1960-an, Gary Lewis and the Playboys, terkenal lewat lagu hit "This Diamond Ring."

* Bintang New York Giants Frank Gifford berduet dengan Lewis dalam film sepak bola ala AS pada 1951 berjudul "That s My Boy.