Puluhan Prajurit Kodim 0321/Rokan Hilir Lakukan Patroli Sejumlah Rumah Ibadah

id puluhan prajurit, kodim 0321rokan, hilir lakukan, patroli sejumlah, rumah ibadah

Puluhan Prajurit Kodim 0321/Rokan Hilir Lakukan Patroli Sejumlah Rumah Ibadah

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Puluhan Prajurit Komando Distrik Militer (Kodim) 0321/Rokan Hilir, Provinsi Riau melakukan patroli ke rumah ibadah yang ada di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko.

"Kita terjunkan puluhan personil dan patroli langsung saya pimpin sendiri," kata Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Bambang Sukisworo melalui Pasi Intel, Rosman Sembiring di Bagansiapiapi, Jumat.

Ia menyebutkan lokasi patroli dilakukan di Masjid Al Ikhlas, Masjid Raya Al Ikhsan, Gereja HKBP dan Kelenteng Ing Hok King Bagansiapiapi.

"Tujuan patroli ini untuk menciptakan keamanan kepada penganut agama dalam beribadah demi terciptanya kerukunan dan ketertiban saat melaksanakan ibadah," katanya.

Sejauh ini menurut dia situasi aman dan kondusif serta tidak ada gejolak disemua rumah ibadah.

"Toleransi umat beragama di Rokan Hilir secara umum dan khususnya di Bagansiapiapi sangat tinggi sehingga keadaan aman. Bahkan semua saling menghargai tiap umat beragama," jelas Rosman.

Ia menambahkan, kegiatan patroli ini tidak hanya dilakukan di Bagansiapiapi, namun juga diseluruh kecamatan di Rokan Hilir.

"Dari laporan ke Kodim patroli rumah ibadah dikecamatan-kecamatan juga aman dan kondusif," ucapnya.

Ia juga mengajak semua elemen masyarakat melalui tokoh agama maupun tokoh masyarakat untuk senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama. Namun yang terpenting tidak mudah terpengaruh oleh pihak-pihak yang ingin melakukan provokator.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus tetap dijaga, apalagi terhadap isu SARA jangan sampai memecah belah. Setiap permasalahan yang terjadi hendaknya diselesaikan secara arif dan bijak," katanya mengingatkan.

Oleh: Dedi Dahmudi