Disbun Inhil Luncurkan Komoditas Tanaman Sagu Sebagai Varietas Unggulan

id disbun inhil, luncurkan komoditas, tanaman sagu, sebagai varietas unggulan

Tembilahan (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), berencana akan kembali mengusulkan peluncuran satu varietas unggulan lagi berupa komoditas tanaman Sagu.

"komoditas tanaman Sagu kali ini diambil dari jenis sagu yang tidak berduri ," Ungkap Kelapa Bidang Pengembangan dan Perkebunan Saiful Fitri di Tembilahan, Jumat.

Syaiful menuturkan, pengusulan pelepasan terhadap varietas unggulan komoditas Sagu akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang oleh direktorat jendral perkebunan.

Selanjutnya alasan Sagu menjadi alternatif pelepasan sebagai satu varietas unggulan, karena kata dia, Sagu merupakan jenis tanaman perkebunan yang memiliki potensi besar.

"Hal ini juga untuk menghindari adanya pengambilan varietas dari pihak lain," Ungkapnya.

Disbun Kabupaten Inhil bersama dengan Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitpalma) Manado dalam hal ini telah bekerjasama melakukan penelitian terkait perkembangan perkebunan.

"Upaya koordinasi sudah dilakukan, begitu juga dengan penelitian yang telah dilakukan berulang - ulang," Sebutnya.

Tanaman Sagu yang terdapat di Kabupaten Inhil, lanjut Syaiful, lebih cocok disebut sebagai hutan Sagu. Hal ini karena komoditas tanaman perkebunan tersebut tumbuh subur secara alami tanpa harus dilakukan perawatan.

"Untuk memelihara perkebunan Sagu tidak perlu adanya perawatan khusus sebagaimana tanaman lainnya, secara alami ia tumbuh subur turun temurun," Ucapnya lagi.

Luas lahan perkebunan Sagu di Kabupaten Inhil mencapai 17.969 Hektare yang tersebar dibeberapa Kecamatan.

"Ini juga yang menjadi ketertarikan Disbun, karna luas lahan perkebunan Sagu setiap tahunnya terus meningkat," jelasnya.

Terakhir, Syaiful mengakui, semua ini diarahkan untuk kepentingan dalam rangka dan upaya percepatan mewujudkan pembangunan taraf hidup masyarakat petani Kabupaten Inhil.

Karena seperti kita ketahui, bahwa 80 Persen masyarakat Kabupaten Inhil merupakan petani kelapa.

"Dalam hal ini segala dukungan dan kebersamaan dari semua pihak senantiasa diharapkan," Katanya mengakhiri. (ADV)

Oleh: Adriah Akil