Wabup: SDM Warga Inhil Ditingkatkan Hadapi MEA

id wabup sdm, warga inhil, ditingkatkan hadapi mea

Wabup: SDM Warga Inhil Ditingkatkan Hadapi MEA

Tembilahan, (Antarariau.com) - SDM warga kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau akan terus ditingkatkan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sehingga mereka tidak hanya menjadi objek tapi juga berperan aktif.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Indragiri Hilir Rosman Malomonya saat menghadiri acara wisuda santriwan dan santriwati di Pondok pesantren Nurul Ulama Darul Dakwah Wal Irsyad (DDI) yang terletak di Kecamatan Sungai Batang.

"Pendidikan adalah modal dasar bagi kita untuk membangun dan mengembangkan daerah, serta berperan dalam MEA" ucapnya disela acara Minggu.

Dia menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang berkontribusi dalam upaya peningkatan mutu atau kualitas pendidikan di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Tanpa kerjasama semua program akan sia-sia dan pembangunan pendidikan tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah," sebutnya.

Saat ini Indonesia tengah bersiap menghadapi MEA 2015, dan dampak terciptanya MEA adalah pasar bebas di bidang permodalan, barang dan jasa, serta tenaga kerja.

Tujuan dibentuknya MEA ini salah satunya adalah untuk meningkatkan stabilitas perekonomian dikawasan ASEAN, serta diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah dibidang ekonomi antar negara ASEAN.

ASEAN merupakan kekuatan ekonomi ketiga terbesar setelah Jepang dan Tiongkok, di mana terdiri dari 10 Negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berawal dari kesepakatan para pemimpin ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada Desember 1997 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kesepakatan ini bertujuan meningkatkan daya saing ASEAN serta bisa menyaingi Tiongkok dan India untuk menarik investasi asing.

Modal asing dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan warga ASEAN. (Adv)