Kuansing Bakal Ada Jalur Kereta Api

id kuansing bakal, ada jalur, kereta api

Kuansing Bakal Ada Jalur Kereta Api



Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Wilayah Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, bakal menjadi satu ruas jalur transportasi kereta api yang digagas Kementerian Perhubungan RI yakni rute Pekanbaru ke Teluk Kuantan menuju Muaro Sijunjung Sumatera Barat sepanjang 164 kilometer.

"Kami setuju dan telah mendiskusikan dengan pihak terkait dan tinggal meminta ketegasan bupati untuk meresponnya agar daerah ini menjadi maju dan cepat berkembang," kata Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau Hardianto di Kuansing, Sabtu.

Ia mengatakan, Komisi D DPRD Riau meminta dukungan dari Bupati Kuansing H Sukarmis, karena wacana itu sudah pernah didiskusikan dengan instansi terkait lainnya, jika mendapatkan dukungan pemerintah daerah maka besar kemungkinan dapat terealisasi.

Wacana adanya jalur rel kereta api yang melintasi wilayah Kuansing akan berdampak positif untuk memajukan pembangunan daerah, sehingga sejumlah lokasi yang bakal dilintasi akan cepat berkembang.

Permintaan dukungan disampaikan saat komisi bidang fisik DPRD Riau itu berdialog dengan Bupati H Sukarmis di kantor Bupati Kuansing yang dihadiri Bupati Sukarmis, Ketua DPRD Andi Putra, Sekda Kuansing Muharman, Ketua Komisi D DPRD Riau Erizal Muluk dan sejumlah anggota Komisi D seperti Indra Putra, Bagus Santoso, Mursini, Riyanto dan sejumlah Kadis baik di lingkungan Pemkab Kuansing serta Pemprov Riau.

"Sebelum ke Kuansing, kita telah menggelar Kunker bersama Plt. Gubri dan bertemu dengan Menhub Ignasius Jonan membahas masalah jalur kereta api di Riau," ujarnya.

Menurutnya, untuk Riau ruas jalur kereta api yang akan dibangun yakni, melewati rute Pekanbaru - Teluk Kuantan menuju Muaro sepanjang 164 km, Pekanbaru menuju Provinsi Jambi 350 km, Rantau Prapat menuju Duri dan Dumai 249 km dan Duri ke Pekanbaru sepanjang 90 km serta kereta api ( KA) Trans Sumatera ini juga akan menghubungkan tiga pelabuhan di Riau, yakni Dumai, Tanjung Buton dan Kuala Enok.

"Alhamdulillah Kuansing dilintasi jalur kereta api yang dapat dimanfaatkan penduduk untuk peningkatan ekonomi dan perkembangan wilayah," ujarnya.

Dijelaskannya, dukungan Bupati Sukarmis perlu optimal agar rencana ini dapat berjalan baik, terutama masalah ganti rugi lahan dan permasalahan sosial lainnya yang pasti muncul selama pembangunan jalur kereta api.