Diskop Pekanbaru Siapkan klinik Bagi UMKM

id diskop pekanbaru, siapkan klinik, bagi umkm

Diskop Pekanbaru Siapkan klinik Bagi UMKM

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pekanbaru menyiapkan klinik bisnis bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut, bagi yang menemui kendala dalam menjalankan usahanya sehari-hari.

Kepala Diskop dan UKM Kota Pekanbaru, Zulkifli di Pekanbaru, Selasa, mengatakan, fungsi klinik tersebut sebagai layanan khusus untuk jasa konsultasi bisnis dengan pelayanan yang diberikan secara gratis dan profesional.

"Jika pelaku UMKM di wilayah ini menemukan kendala termasuk masalah finansial, pemerintah menyediakan tempat untuk berkonsultasi. Banyak hal yang bisa dikonsultasikan, termasuk mengenai kemasan suatu produk yang dihasilkan," paparnya.

Selama ini, lanjut dia, pelaku UMKM di Kota Pekanbaru belum tahu harus kemana berkonsultasi dan dengan siapa dalam mencari jawaban seperti masalah kemasan suatu produk yang dihasilkan, agar masuk dalam dikategorikan bagus.

Khusus masalah kemasan produk, pihaknya telah mempunyai program untuk mendatangkan ahli desain dari Bandung, Provinsi Jawa Barat, untuk memberi pengetahuan tentang kemasan kepada para pelaku UMKM.

"Kita mau produk yang dihasilkan UMKM dapat di terima pasar dengan baik karena telihat indah di pandang mata," katanya.

Selain itu, ucap Zulkifli, klinik bisnis tersebut akan menjadi tempat untuk berkonsultasi bagi para pelaku UMKM dalam menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai berlaku akhir tahun 2015.