Disbun Rohil Riset Penggunaan Pupuk Cair

id disbun rohil, riset penggunaan, pupuk cair

Disbun Rohil Riset Penggunaan Pupuk Cair

Bagansiapi-api (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Rokan Hilir (Rohil), Riau, melakukan pelatihan untuk riset penggunaan pupuk cair sebagai solusi dalam mencukupi kebutuhan pupuk bagi perkebunan sawit swadaya.

"Kami sedang siapkan riset penggunaan pupuk cair berbahan kotoran hewan yang diasap. Pelatihanya melibatkan tenaga teknis PKS dari Medan dan Pekanbaru," kata Kadisbun Rohil, Syahril, saat dikonfirmasi, Selasa (11/11).

Dikatakan, rencana pembuatan pupuk cair setelah sukses pembuatan pupuk organik berbahan kotoran sapi. Selain itu, rencana pelatihanya mengundang kelompok tani dari Kecamatan Bangko Pusako, Bagansinembah, Simpang kanan.

"Biasanya yang mengikuti pelatihan hanya kelompok tani yang memiliki areal sawit yang sangat luas. Pelatihan ini supaya poktan lebih terampil dalam mengolah kotoran hewan menjadi pupuk cair," jelasnya.

Sebelumnya, dinas perkebunan telah suskes melatih tenaga terampil poktan sebanyak 60 orang menjadi tenaga pengolah pupuk. Pemerintah daerah juga telah membangun pabrik pengolahan pupuk di Kecamatan Bagansinembah.

"Sudah siap dibangun pabrik pengolahan pupuk organik kotoran hewan di Kecamatan Bagansinembah anggaran 2014. Keinginan saya ingin membenahi dan memberikan ilmu pada poktan khususnya di Rohil," imbuhnya.