Kapolres Dumai pastikan personel siap amankan pilkada serentak

id Polres Dumai

Kapolres Dumai pastikan personel siap amankan pilkada serentak

Kapolres Dumai usai apel kesiapsiagaan pengamanan Pilkada 2024 di Kota Dumai. (ANTARA/HO-Polres Dumai)

Dumai (ANTARA) - Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianto memimpin apel kesiapsiagaan pengamanan Pilkada 2024 di Kota Dumai dalam rangka Operasi Mantap Praja (OMP) Lancang Kuning berlangsung di Mapolres Dumai, Rabu.

Dalam amanatnya, Kapolres Dhovan Oktavianto menekankan pentingnya sinergi dan kesiapan maksimal dari seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak.

"Apel ini merupakan bentuk pengecekan terakhir terhadap kesiapan personel, sarana, prasarana, dan anggaran yang akan digunakan dalam pengamanan Pilkada. Kita harus memastikan semua sudah siap, mengingat dinamika politik dan situasi keamanan yang bisa berkembang selama tahapan pilkada," ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan bahwa Pilkada merupakan wujud kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara demokratis.

"Pemilihan gubernur, bupati, serta walikota ini adalah momen penting bagi masyarakat untuk menentukan pemimpin mereka secara langsung. Di Kota Dumai, kita akan menyaksikan tiga pasangan calon bertarung pada Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024," jelasDhovan.

Selain itu, Kapolres turut menekankan pentingnya pengawasan yang melekat dari setiap pimpinan kepada anggotanya.

"Pimpinan di setiap tingkatan harus terus turun ke lapangan untuk memantau langsung kondisi di lapangan. Pengaturan jadwal pengamanan juga harus diperhatikan agar kesehatan personel tetap terjaga, mengingat operasi ini akan berlangsung cukup panjang," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, AKBP Dhovan juga menekankan pentingnya menjaga komunikasi publik yang baik dan upaya cooling system untuk mencegah polarisasi di masyarakat.

"Partisipasi penuh dari masyarakat dalam Pilkada harus terus didorong, sementara polarisasi politik yang dapat memicu ketegangan harus diminimalisir. Sinergitas dan soliditas antara seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait adalah kunci utama keberhasilan operasi ini," ujar AKBP Dhovan.

Apel kesiapsiagaan ini, menurutnya, adalah bentuk komitmen Polres Dumai dalam menjaga stabilitas keamanan di tengah masyarakat selama tahapan Pilkada berlangsung.

"Kita semua memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga agar pelaksanaan Pilkada di Kota Dumai dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta tercipta suasana yang kondusif di tengah masyarakat," pungkas AKBP Dhovan.