Bupati Siak geber 7 program berbasis masyarakat setiap hari

id Program bupati Siak,Program menyentuh masyarakat

Bupati Siak geber 7 program berbasis masyarakat setiap hari

Bupati Siak, Allegri. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri menggeber tujuh program layanan berbasis dan menyentuh langsung masyarakat yang masing-masingnya dilaksanakan setiap harinya mulai dari Senin hingga Minggu.

Pada hari Senin Alfedri melaksanakan Bujang Kampung Goes To School. Ini merupakan pengembangan dari program Bupati Bekerja dan Ngantor di Kampung (Bujang Kampung) yang jadwalnya dilaksanakan setiap Jumat.

“Bujang Kampung itu kan kami memberikan pelayanan di kantor penghulu kampung, termasuk layanan administrasi kependudukan. Jadi ini kita kembangkan untuk siswa,” ujar Bupati Siak.

Pada program itu Bupati Siak datang ke sekolah setingkat SMA setiap Senin dan menjadi pembina upacara di sana. Kemudian langsung memberikan pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik kepada siswa yang sudah 17 tahun.

Jadi siswa yang sudah 17 tahun tidak perlu datang ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil untuk membuat KTP. Disdukcapil yang datang ke sekolah untuk memberikan pelayanan seperti merekam dan mencetak KTP.

Pada hari Selasa, Bupati Siak akan mengadakan program Pasar Rakyat, yaitu program operasi pasar murah bagi rakyat. Lokasinya diadakannya pasar rakyat ini berpindah dari satu kampung ke kampung lainnya setiap Selasa dan Kamis.

Pada hari Rabu dilaksanakan program Lapor Pak Bup, yaitu layanan aspirasi dan pengaduan oleh rakyat. Kegiatan ini berada di bawah Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan (Distransnaker) Siak untuk menyerap aspirasi serta pengaduan masyarakat terkait ketenagakerjaan.

“Kamis kembali kita laksanakan Pasar Rakyat, semacam operasi pasar murah untuk rakyat, sekaligus ini untuk menjaga stabilitas harga dan inflasi,” katanya.

Pada hari Jumat barulah dilaksanakan program Bujang Kampung. Kegiatan ini sudah berjalan sejak 2022 lalu, dan menjadi salah satu program paling dinantikan warga karena sejumlah organisasi perangkat daerah berkantor di kantor penghulu kampung (desa) dalam waktu sehari.

Kegiatan yang diadakan sangat banyak mulai dari layanan administrasi kependudukan, layanan kesehatan gratis oleh dokter spesialis, layanan UMKM, perpustakaan keliling, layanan kesehatan hewan, layanan program PKH dan dialog dengan warga.

Pada hari Sabtu diadakan program Siak Melesat atau Siak Melayani Kesehatan melibatkan Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas. Bupati dan perangkatnya akan datang ke kampung yang telah ditunjuk untuk memberikan layanan kesehatan gratis dengan menurunkan para medis, doktor umum dan dokter spesialis.

Pada hari Minggu dilaksanakan program Siak Berzakat. Program ini kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak, untuk menerima zakat dan menyalurkan zakat kepada yang berhak menerima (mustahik).

“Jadi Pemkab Siak bekerja dari Senin -Minggu, demi memberikan layanan kepada masyarakat,” katanya.