Bunda PAUD di Meranti roadshow berantas stunting

id Bunda PAUD Meranti,Roadshow gerakan berantas stunting

Bunda PAUD di Meranti roadshow berantas stunting

Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kepulauan Meranti sedang menimbang berat badan salah seorang anak usia dini dalam kegiatan Roadshow Gerakan Berantas Stunting di Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Rabu (14/8/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar kegiatan Roadshow Gerakan Berantas Stunting di Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Rabu.

Pelaksana kegiatan, Bunda PAUD Kepulauan Meranti Ismiatun dalam sambutannya berharap kegiatan ini mempunyai nilai positif dan memberikan peranan penting dalam memberantas stunting di Kepulauan Meranti.

"Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh status gizi. Permasalahan saat ini salah satunya adalah stunting, melalui kegiatan positif seperti ini diharapkan dapat terjalin kekompakan dalam menghadapinya," kata Ismiatun.

Selain itu, dikatakannya, bahwa penyebab langsung stunting adalah faktor penyakit dan asupan zat gizi. Kedua faktor ini berhubungan dengan faktor pola asuh, akses terhadap makanan, akses terhadap layanan kesehatan dan sanitasi lingkungan, air bersih. Kemudian, stunting juga disebabkan stimulasi psikososial yang kurang memadai.

"Untuk itu diperlukan layanan PAUD yang berkualitas, PAUD perlu lebih proaktif dalam mengakses berbagai informasi dan meningkatkan kesadaran tentang stunting," tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Bunda PAUD Provinsi Riau, Dra Adrias SF Hariyanto yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan sebenarnya roadshow ini memberikan informasi mengenai stunting, karena stunting menjadi permasalahan yang penting dimana tahun 2045 nanti menuju generasi unggul.

"Hal yang perlu kita perhatikan saat ini adalah anak-anak dan bunda PAUD, karena orang yang pertama dekat dengan anak-anak adalah bunda PAUD, jadi informasi harus jelas yang disampaikan ke ibu-ibu yang mengajar di PAUD terkait stunting," ungkapnya.

Ia juga menyinggung terkait kesejahteraan guru- guru PAUD yang saat ini menjadi perhatian, disampaikannya bahwa pemerintah benar-benar serius dalam mengentaskan permasalahan stunting.

"Pemerintah berharap banyak kepada kita (Bunda PAUD), oleh sebab itu hal yang perlu kita pastikan adalah anak-anak tetap sehat, kuat dan punya energik sehingga anak-anak terlepas dari stunting." ujarnya.

Lebih jauh melalui kesempatan ini dia mengajak untuk memberikan informasi dan wawasan kepada anak dan orang tua tentang stunting, penuhi gizi anak, jalankan pola makan dan pola hidup sehat agar anak-anak menjadi generasi emas dan unggul di tahun 2045.