FOTO - Keunikan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi

id Bakar tongkang, bagansiapiapi Oleh Aswaddy Hamid

FOTO - Keunikan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi

Sejumlah warga keturunan etnis Tionghoa mengarak replika tongkang menuju tempat pembakaran di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Bagansiapiapi (ANTARA) - Sejumlah warga keturunan etnis Tionghoa mengarak replika tongkang menuju tempat pembakaran di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Sabtu (22/6/2024).

Perayaan ritual Bakar Tongkang itu dihadiri oleh ribuan warga keturunan Tionghoa untuk mengenang sejarah etnis tersebut pertama kali tiba di Bagansiapiapi dan menjadi agenda kegiatan pariwisata nasional yang dihadiri oleh wisatawan dalam dan luar negeri.
Sejumlah warga keturunan etnis Tionghoa mengikuti karnaval perayaan ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/Aswaddy Hamid)




Sejumlah warga keturunan etnis Tionghoa menyaksikan pembakaran replika tongkang diBagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/Aswaddy Hamid)


Sejumlah warga keturunan etnis Tionghoa memasang layar replika tongkang yang akan dibakar di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/Aswaddy Hamid)


Sejumlah warga keturunan etnis Tionghoa menunggu kedatangan tongkang di lokasi pembakaran yang dipercaya sebagai tempat etnis tersebut pertama kali tiba di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/Aswaddy Hamid)