BPN Siak tanam ratusan pohon peringati Hari Lingkungan Hidup

id Bpn siak, hari lingkungan hidup

BPN Siak tanam ratusan pohon peringati Hari Lingkungan Hidup

Kepala Kantor BPN Siak Tarbarita Simorangkir melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak (ANTARA) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Siak melakukan penanaman 300 pohon di daerah setempat dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang serentak dilakukan Kantor Pertanahan se-Indonesia, Rabu.

Kepala Kantor BPN SiakTarbarita Simorangkir mengatakan penanaman pohon dilaksanakan di beberapa lokasi di daerah itu.

Sebanyak 25 pohon ditanam di Kantor BPN Siak dan 75 pohon serentak di enam lokasi Tanah Obyek Reforma Agraria (Tora) 2024.

"Tempat itu meliputi Kampung Merempan Hulu, Kampung (Desa) Dayun, Kampung Benteng Hulu, Kampung Perawang Barat, Kampung Tualang, dan Kelurahan Perawang," katanya.

Sebanyak 200 bibit pohon mangrove ditanam bersama-sama dengan penghulu (kepala desa) dan masyarakat. Lokasinya di Kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit yang merupakan Lokasi Kampung Agraria Kabupaten Siak 2024.

Dia mengatakan kegiatan serentak dipimpin Kementerian Agraria Tata Ruang dan BPN yang total menanam 100 ribu pohon. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini mengangkat tema "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan".

“Harapan kita sama dengan harapan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono kita bisa melestarikan Bumi, lingkungan dan memberikan dampak untuk perkembangan berkelanjutan supaya bumi kita ini terjaga dan dinikmati generasi mendatang,” ujarnya.

Selain mangrove, jenis pohon lainnya yang ditanam, antara lain gayam, matoa, dan mahoni.

“Kegiatan ini dapat berdampak positif bagi kesejahteraan alam, lingkungan, dan masyarakat Kabupaten Siak,” kata dia.

Kegiatan ini juga diikuti Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan PolitikKabupaten Siak Amin Soimin dan Kepala Bagian Administrasi Kewilayahan dan Fasilitasi Pertanahan Setda Kabupaten SiakRizannaky.