Kapolda Riau pastikan kesiapan Pemilu 2024 hingga di pulau terluar

id Kapolda Riau Irjen Iqbal,Pemilu 2024

Kapolda Riau pastikan kesiapan Pemilu 2024 hingga di pulau terluar

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat memeriksa langsung persiapan distribusi logistik Pemilu 2024 di Kepulauan Meranti. (ANTARA/Ho-Polda Riau)

Meranti (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu 2024 hingga ke wilayah terluar Provinsi Riau, yaitu Pulau Burung dan Pulau Rangsang, Senin.

Irjen Iqbal turun langsung memeriksa persiapan distribusi logistik Pemilu dan melihat langsung kondisi TPS di Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir dan Pulau Rangsang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam kunjungannya, Kapolda Riau menggunakan Helikopter untuk meninjau persiapan di dua pulau ini. Tak sendiri, Irjen Iqbal didampingi oleh Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan dan Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Feri Yunaldi.

Irjen Iqbal memastikan bahwa personel di bawah komandonya siap mengawal jalannya pemilu hingga wilayah terluar.

Dalam paparannya, Kapolda Iqbal menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilu.

"Saya harapkan partisipasi aktif dari masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari mendatang," ujarnya.

Iqbal menekankan pentingnya menjaga keamanan masyarakat. Menurutnya hal konstitusional berada di tangan masyarakat.

"Maka gunakanlah hak pilih sesuai dengan hati nurani. Jangan percaya hoaks. Pilihan boleh beda, tapi keamanan dan persatuan warga harus tetap terjaga," tegasnya.

Kunjungan Kapolda Riau ke Pulau Rangsang dan Pulau Burung menunjukkan komitmen aparat kepolisian dalam memastikan jalannya pemilu yang aman dan berlangsung dengan lancar di Bumi Lancang Kuning.

Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk Forkopimda dan masyarakat, Iqbal berharap Pemilu 2024 akan menjadi ajang demokrasi yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi bangsa dan negara.