Polisi di Bengkalis tertembak saat ringkus pencuri motor

id polres bengkalis,kapolres bengkalis,polisi tertembak,kabupaten bengkalis,curanmor

Polisi di Bengkalis tertembak saat ringkus pencuri motor

Kapolres BEngkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro menjenguk personilnya di RSDU Mandau, tertembak ketika meringkus pelaku curanmor. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Seorang anggota Polres Bengkalis Aipda Sonny Gunawan Harahap tertembak ketika hendak meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Jalan Abadi Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

"Anggota kita mengalami luka tembak pada pinggang kiri. Namun, Alhamdulillah kondisinya dalam keadaan baik," ujar Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Sabtu.

Kejadian tersebut berawal ketika tim yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Gian Wiatma Jonimandala bersama anggota melakukan pengejaran terhadap DPO pencurian sepeda motor. Tim Opsnal sebelumnya telah menangkap Rafael Low Dewiks Tobing alias Fael anak Ricardo Tobing, yang sudah berada dalam tahap kedua proses hukum.

Dari pemeriksaan terhadap Rafael, dia mengakui keterlibatannya dalam pencurian bersama adiknya, Morris Jeremi Lumban Tobing. Tim Opsnal kemudian melakukan pengejaran terhadap Morris. Pada Kamis, 28 Desember 2023, sekitar pukul 19.30 WIB, Morris terlihat di Jalan Abadi Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.

Saat penangkapan, Morris melakukan perlawanan dan berusaha merebut senjata api milik anggota Opsnal Bripka Trio Dharma Saputra. Akibatnya, senjata api tersebut meletus dan menimbulkan luka tembak pada pinggang kiri Aipda Sonny Gunawan Harahap.

"Setelah melakukan perlawanan, Morris berhasil dilumpuhkan dan diamankan. Aipda Sonny Gunawan Harahap yang terluka segera dirujuk ke RSUD Duri untuk perawatan intensif," kata Kapolres.

Morris mengakui keterlibatannya dalam pencurian sepeda motor bersama Rafael. Keduanya merupakan saudara kandung, terlibat dalam dua kejadian pencurian sepeda motor di lokasi yang berbeda.

"Proses hukum selanjutnya akan diterapkan terhadap Morris dan Rafael sebagai langkah penegakan hukum terhadap tindak kejahatan Curanmor di Bengkalis," kata perwira berpangkat dua melati tersebut.