Waspada! Pintu Waduk PLTA Koto Panjang dibuka hari ini

id waduk

Waspada! Pintu Waduk PLTA Koto Panjang dibuka hari ini

Waduk PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Kampar yang tinggal di pinggiran Sungai Kampar harus ekstra waspada karena pihak PLTA Koto Panjang akan membuka pintu pelimpah Jumat hari ini, pada pukul 14.00 WIB.

Manajer Unit Layanan Pusat Listrik Tenaga Air (ULPLTA) Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar mengeluarkan surat pemberitahuan pembukaan pintu limpahan pada Jumatpagi.

Surat itu menyebutkan tingginya intensitas hujan di area waduk. Sehingga debit air masuk (inflow) ke waduk yang menyebabkan tinggi elevasi naik cukup signifikan.

Oleh karena itu, pintu pelimpah (spillway gate) waduk akan dibuka pada pukul 14.00 WIB. Tiap pintu pelimpah akan dibuka setinggi 40 centimeter (3x40 cm).

Pembukaan pintu pelimpah akan menaikkan permukaan Sungai Kampar. "Perkiraan kenaikan permukaan sungai 20 cm sampai 30 cm," isi surat itu.

Berdasarkan catatan pada pukul 08.00 WIB, tinggi elevasi waduk sudah mencapai 83,22 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Naik 17 cm hanya beberapa jam dari pukul 21.00 WIB pada Kamis (23/11)..

Sementara inflow mencapai 483,27 meter kubik per detik. Sedangkan debit air keluar melalui turbin (turbine outflow) masih lebih kecil, yakni 201,32 meter per detik. Inflow sempat melonjak tajam pada Kamis malam, yakni menyentuh angka 1.145,86 meter per detik.