Bantu penanganan stunting di Labuah Panjang, Semen Padang raih penghargaan dari Bupati Solok

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Semen Padang

Bantu penanganan stunting di Labuah Panjang, Semen Padang raih penghargaan dari Bupati Solok

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Dedi M Sidiq (kanan) menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Epyardi Asda (kanan). Penghargaan itu diberikan berkat dukungan PT Semen Padang dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Solok, khususnya di Nagari Labuah Panjang, Kecamatan X Koto Diatas. (ANTARA/HO-PT Semen Padang)

Pekanbaru (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda mengapresiasi PT Semen Padang yang telah mendukung percepatan penurunan angka stunting di Nagari Labuah Panjang, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, melalui program Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS).

Apresiasi dari orang nomor satu di daerah berjulukan Alue Jo Patuik itu, ditunjukan melalui pemberian piagam penghargaan dan ucapan terima kasih kepada PT Semen Padang. Dan, penghargaan itu diterima oleh Kepala Unit CRS PT Semen Padang Dedi Muhammad Sidiq, Senin (2/10/2023) pagi.

Penyerahan piagam penghargaan yang digelar di ruang rapat Rumah Dinas Bupati Solok itu, turut disaksikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupten Solok, dan sejumlah pejabat di lingkungan Kabupaten Solok.

Tidak hanya itu, penyerahan piagam penghargaan tersebut juga disaksikan secara virtual oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKBBN RI, Nopian Andusti, disela-sela kegiatan Praktik Baik Audit Kasus Stunting (Petik Aksi) Seri III yang digelar BKKBN RI.

Bupati Solok Epyardi Asda mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang peduli terhadap angka stunting di Kabupaten Solok, khususnya di Nagari Labuah Panjang, Kecamatan X Koto Diatas, melalui pemberian bantuan program makanan tambahan (PMT) untuk baduta stunting dan ibu hamil.

Kabupaten Solok, sebut Epyardi, merupakan daerah nomor 3 termiskin di Sumbar, tetapi berkat kebijakan bersama, pihaknya mampu menekan angka stunting dari 40,1 persen menjadi 24 persen. "Bahkan, menurut data by name by address, angka stunting kami sekarang tinggal 17 persen saja," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit CSR PT Semen Padang Dedi Muhammad Sidiq yang hadir mewakili Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa menyebut bahwa PT Semen Padang mendukung percepatan dan penurunan angka stunting di Nagari Labuah Panjang, merupakan bagian dari PT Semen Padang sebagai BAAS.

Dalam menurunkan angka stunting di daerah tersebut, PT Semen Padang membantu perbaikan fasilitas air bersih seperti bak penampungan air bersih di 2 lokasi di Labuah Panjang, yaitu di Luak Peraku Jorong Guguak Tabaru dan di Jorong Batu Tungga. Kemudian, juga memperbaiki bak intake yang berada di Jorong Batu Tungga dan Pandan Tinggi.

"Di samping Semen Padang, Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN Sumbar dan Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIKSP) juga turut serta membantu penurunan angka stunting berupa pemberian bantuan Program Makanan Tambahan (PMT) dan pembuatan jamban keluarga," katanya.