Carlos Sainz rayakan hari ulang tahun dengan meraih pole di GP Italia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, otomotif

Carlos Sainz rayakan hari ulang tahun dengan meraih pole di GP Italia

Pembalap Ferrari asal Spanyol Carlos Sainz Jr saat beraksi di Grand Prix F1 Meksiko di Hermanos Rodriguez racetrack, pada 30 Oktober 2022. (Photo by Rodrigo ARANGUA / AFP)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ferrari Carlos Sainz merayakan hari ulang tahunnya ke-29 dengan meraih posisi pole pada sesi kualifikasi Grand Prix Italia yang bergulir di Sirkuit Monza, Sabtu.

“Saya akan mempertahankan posisi ini sekuat tenaga di balapan utama besok (3/9). Ini adalah awal yang baik, tugas pertama (yang terselesaikan) dengan baik, dan kami akan melihat apakah kami bisa menghadapi Max (Verstappen). Saya akan memberikan semuanya yang saya bisa. Grazie a tutti!” kata Sainz pada wawancara singkat seusai babak kualifikasi.

Adapun Sainz yang berulang tahun pada 1 September itu berhasil memutus dominasi juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) yang hanya terpaut tipis 0,013 detik dari sang pembalap Spanyol.

“Saya senang bisa finis di P2 hari ini. Besok saya akan memenangkan balapan utama, tentu saja,” ujar Verstappen dengan percaya diri.

Sementara rekan satu tim Sainz, Charles Leclerc sukses melengkapi pencapaian Ferrari di balapan kandangnya dengan meraih posisi ketiga. Leclerc juga mencatatkan kecepatan impresif yaitu hanya memiliki margin 0,067 detik saja dari pemimpin balapan.

Pembalap Monako itu bertarung hebat untuk mencoba mengamankan posisi 1-2 buat Ferrari, mengingat Sirkuit Monza yang dipadati oleh para Tifosi — sebutan para penggemar tim balap Italia tersebut. Namun, Verstappen dengan mesin Red Bull-nya masih bisa melawan hingga Leclerc harus puas berada di P3 pada babak kualifikasi GP Italia.

"Perasaan ini sungguh hebat, terutama dengan dukungan para Tifosi di sini! Saya juga sangat bangga dan senang melihat Carlos (Sainz) berhasil meraih P1. Ini adalah hal yang mengagumkan untuk Ferrari dan dia (Sainz) juga telah melakukan pekerjaannya dengan baik sepanjang akhir pekan ini,” kata Leclerc.

Selain menyempurnakan pencapaian Ferrari di sirkuit kandang mereka di Italia, ini juga merupakan pole pertama bagi Sainz di Formula 1 musim 2023.

Di sisi lain, P4 dan P5 masing-masing diraih oleh George Russell (Mercedes) dan Sergio Perez (Red Bull). Mereka juga saling beradu kecepatan dan terpaut tipis dari Sainz dengan margin masing-masing 0,377 detik dan 0,394 detik.

Melengkapi 10 besar, ada Alex Albon (Williams), Oscar Piastri (McLaren), Lewis Hamilton (Mercedes), Lando Norris (McLaren), dan Fernando Alonso (Aston Martin).

Baca juga: Espargaro dan Vinales puas dengan posisi 1-2 di MotoGP Catalunya

Baca juga: Honda Jakarta Center telah buka pemesanan All New Honda CR-V RS e:HEV