DPRD Pekanbaru Paripurna HUT ke-239 Syamsuar: Semangat menuju kota maju

id Dprd pekanbaeu

DPRD Pekanbaru Paripurna HUT ke-239 Syamsuar: Semangat menuju kota maju

DPRD Kota Pekanbaru menggelar rapat paripurna istimewa memperingati hari jadi ke-239 di Ruang Rapat Paripurna Balai Payung Sekaki, DPRD Kota Pekanbaru, Jumat (23/6/2023).  (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Setiap tanggal 23 Juni, Kota Pekanbaru merayakan Hari Ulang Tahun (HUT). Tahun ini, Pemerintah Kota Pekanbaru memilih tema "Bergerak, Tumbuh dan Bermarwah" dalam peringatan HUT ke-239. Gubernur Riau Syamsuar hadir langsung dalam rapat paripurna tersebut. Tampak juga sejumlah Pejabat Forkopimda Riau dan Pekanbaru.

Rapat Paripurna Istimewa ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru MuhammaSabarudi, didampingi tiga wakil ketua lainnya, Ginda Burnama, Tengku Azwendi Fajri, dan Nofrizal. Dihadiri juga Gubernur Riau, Syamsuar, Pj Wako Pekanbaru Muflihun, dan undangan lainnya.

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Riau, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPRD Pekanbaru atas penyelenggaraan sidang paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-239 tahun 2023.

"Tahniah Kota Pekanbaru, semoga kota ini bisa terus maju dan berkembang," kata Gubernur RiauSyamsuar.

Tak hanya itu, Gubernur Syamsuar meminta seluruh masyarakat agar menjaga suasana aman dan kondusif di Kota Bertuah ini.

Ia menuturkan, pembangunan suatu daerah merupakan kewajiban untuk mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing Daerah.

Gubernur Syamsuar, mengatasnamakan Pemprov Riau, mengucapkan terima kasih kepada DPRD Pekanbaru atas penyelenggaraan Paripurna HUT ke-239 Kota Pekanbaru. Sebab kegiatan paripurna ini, sangat memberikan makna bagi masyarakat, tentunya tidak berlebihan.

Keberhasilan pembangunan ini dapat dilihat dari capaian indikator makro pembangunan Provinsi Riau yang merupakan kontribusi dari Kabupaten/Kota, termasuk Kota Pekanbaru yakni Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau meningkat menjadi 4,55% pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 sebesar 3,36 persen.

"Kota Pekanbaru berkontribusi paling tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau dengan tingkat pertumbuhan tahun 2022 sebesar 6,78 persen, angka ini di atas pertumbuhan provinsi," ungkapnya.

Dalam arahannya, pada rapat paripurna istimewa tersebut,Syamsuar juga meminta agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat lebih ditingkatkan serta persoalan stunting dan kemiskinan ekstrem bisa dituntaskan.

"Mari kita jaga Pekanbaru senantiasa aman dan kondisif. Kota Pekanbaru ini jadi contoh kabupaten/kota lain, makanya kita jaga ini agar nanti tren pertumbuhan ekonomi tetap baik, kemiskinan dan stunting bisa diturunkan, dan kesejahteraan masyarakat meningkat," ujarSyamsuar.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihundalam kesempatan ini menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua anggota DPRD Pekanbaru, unsur Forkompimda, akademisi, pihak swasta yang sudah bahu-membahu membangun Kota Pekanbaru, hingga sampai berkembang pesat saat ini.

"Semoga Kota Pekanbaru lebih baik lagi ke depannya. Tentunya hubungan harmonis ini, terus terjalin," harapnya.

Diakui Bang Uun, begitu panggilan akrabnya, memang punya tugas berat selama menjabat Pj Wali Kota, dan ini di usia 239 Kota Pekanbaru adalah tahun keduanya. Pekanbaru Bergerak artinya mencerminkan semangat yang tinggi. Sedangkan Pekanbaru Tumbuh dan Bermarwah artinya, masyarakat dan pemerintah harus bersama untuk mencapai semua aspek yang ada, namun sesuai dengan marwah Kota Pekanbaru.

“HUT Pekanbaru ke-239 ini, Pemko Pekanbaru mengusung tagline Pekanbaru Bergerak, Tumbuh dan Bermarwah.

Pekanbaru Bergerak artinya mencerminkan semangat yang tinggi. Sedangkan Pekanbaru Tumbuh dan Bermarwah artinya, masyarakat dan pemerintah harus bersama untuk mencapai semua aspek yang ada, namun sesuai dengan marwah Kota Pekanbaru,” ungkapnya.

Usai sidang, kepada ANTARA Riau, Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sabarudi menjelaskan Sidang dewan seperti ini diselenggarakan untuk memberikan makna dan arti penting bagi kelahiran sebuah daerah oleh masyarakat Kota Pekanbaru.

"Tidaklah berlebihan kiranya kami sampaikan bahwa momentum peringatan hari jadi ini telah menjadi catatan penting bagi legislatif dalam membuat warna baru penyelenggaraan hari jadi yang tidak hanya semarak dengan iven seremonial, tetapi tercatat dalam lembaran Daerah sebagai sebuah agenda rutin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru sekaligus sebagai produk legislatif yang sangat monumental. Semoga Kota Pekanbaru lebih baik lagi ke depannya.,” katanya.

"Alhamdulillah kita baru saja selesai rapat paripurna istimewa hari jadi Kota Pekanbaru yang ke-239, semua berjalan lancar dan khidmat," kata politisi PKS ini dengan semangat. (Advertorial)