26 mahasiswi Akbid ITB dapat pembekalan persiapan praktik di RSUD

id Rengat,Indragiri Hulu

26 mahasiswi Akbid ITB dapat pembekalan persiapan praktik di RSUD

Acara Prosesi Pembekalan Mahasiswi AKBID ITB (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Staf Ahli Bupati Indragiri Hulu Evi Irma Junita Manurung menyebutkan sebanyak 26 mahasiswi Akademi Kebidanan Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Indragiri bakal melakukan praktik lapangan untuk melayani pasien beberapa bulan ke depan.

"Sebelum praktik, ada acara pembekalan dan pemasangan pin kompetensi," katanya di Rengat, Selasa.

Pembekalan itu agar mahasiswa tidak merasa kesulitan dalam menerapkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah dan praktek berjalan optimal di RSUD) Indrasari Pematang Reba.

Terutama melayani pasien ibu hamil dan anak - anak yang ada di RSUD tersebut, sehingga dapat melahirkan dengan baik dan aman dengan bayi yang sehat.

"Melalui acara pemasangan pin dan pembekalan yang dilaksnakan di Gedung Dang Purnama Kota Rengat adalah satu langkah positip," ujarnya.

Tujuannya, membantu mempermudah mahasiswi dalam melaksanakan tugasnya di RSUD Indrasari.

Pada kesempatan lain, Ketua Prodi Diploma III Kebidanan ITB Indragiri Yopi Wulandhari mengatakan, selain pemasangan pin, mahasiswi tersebut juga mengucapkan sumpah janji.

Sebelum mahasiswi praktek di RSUD Indrasari Kecamatan Rengat Barat. Dan, sesuai jadwal praktek kerja mahasiswi kebidanan dimulai pada 3 Juli 2023 mendatang.

Sementara, Rektor ITB Indragiri, R Marwan Indra Saputra menyebutkan, setelah acara ini para mahasiswi akan bertugas memberikan pelayanan langsung kepada pasien.

"Sebab, bidan merupakan suatu profesi mulia, tugas dan tanggungjawab yang dipikul tidaklah ringan," ujarnya.

Selain bertanggungjawab terhadap keselamatan ibu dan anak, bidan juga berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan masyarakat.

Dengan demikian, Marwan mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu.

Dukungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD Indrasari Rengat, serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan terhadap kegiatan pendidikan maupun kegiatan sosial dan kemanusiaan yang dilakukan oleh Prodi DIII Kebidanan ITB Indragiri.