Pesepeda Siak tewas jelang laga Lawo XC Championship, ini yang dilakukan BPJS

id BPJS, Ketenagakerjaan, Siak, santunan, kematian, atlet

Pesepeda Siak tewas jelang laga Lawo XC Championship, ini yang dilakukan BPJS

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Siak, Yori Pratama dan Pengurus ISSI Siak menyerahkan santuanan kematian kepada atlet sepeda. (ANTARA/HO-BPJS Ketenagakerjaan Siak)

Siak (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Siak menyerahkan santunan jaminan kematian (JKM) sebesar Rp42 juta kepada ahli waris atlet sepeda Siak peserta Lawo XC Championship Kabupaten Siak bernama Jamarusin, Selasa.

Atlet tersebut meninggal dunia karena sakit pada saat akan mengikuti Pertandingan Siak Lawo XC Championship pada 16-18 Desember 2022 lalu. Dalam kegiatan itu Panitia Siak Lawo XC Championship telah melindungi seluruh atlet/peserta dalam Program BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan JKM dengan iuran Rp16.800 per orang.

Iuran tersebut menanggung risiko atlet mulai dari awal pelaksanaan kegiatan sampai kegiatan selesai dilaksanakan sehingga seluruh resiko kecelakaan atlet sampai resiko meninggal dunia sudah dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Penyerahan santunan secara simbolis diserahkan langsung kepada ahli waris oleh Ketua Panitia Siak Lawo XC Championship, OK Rizky dan didampingi oleh Sekretaris Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Siak, Saharudin beserta pengurus. Selain juga diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Siak, Yori Pratama di kediaman almarhum.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Siak, Yori Pratama menyampaikan ucapan belasungkawa kepada ahliwaris. Ia pun berterimakasih kepada panitia dan Pengurus ISSI Siak yang telah melindungi seluruh atlet kegiatan Siak Lawo XC Championship dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

"Hal ini adalah bentuk nyata pelaksanaan Undang-Undang 10 tahun 2022 tentang Keolahrgaan di mana seluruh atlet dan pelaku olahraga wajib terlindungi dalam Program BPJS Ketenagakerjaan. Ke depan semoga seluruh atlet dan pelaku keolahragaan di Siak juga dapat terlindung dalam Program BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Sekretaris ISSISiak, Saharudin menyampaikan terimakasih BPJS ketenagakerjaan yang sudah memberikan santunan kepada atlet sepeda yang ditanggung pada iven Siak lawo Championship. Semoga BPJS Ketenagakerjaan selalu memberikan yang terbaik buat warga.

"Kepada teman atlet dan non atlet yang buat kegiatan kami harap bisa bawa bergabung BPJS Ketenagakerjaan dalam kegiatannya. Ini supaya kita bisa membantu teman kita yang kecelakaan atau susah secara ekonomi, " ucapnya.