30 tahun mengabdi sebagai legislator, James Pasaribu tutup usia

id DPRD Riau, James Pasaribu, Tutup Usia

30 tahun mengabdi sebagai legislator, James Pasaribu tutup usia

Anggota DPRD Riau James Pasaribu. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Riau James Pasaribu tutup usia pada pukul 15.30 WIB di Pekanbaru, Sabtu.

Wakil Ketua DPRD Riau dari PDI Perjuangan Syafaruddin Potimenyampaikan duka mendalam dan mengenang Almarhum James Pasaribu sebagai politikus senior sekaligus merupakan orang tua di PDIP Riau.

"Kami tentu sangat berduka mendalam. Merasa kehilangan. Beliau itu rendah hati, selalu bergaul dengan masyarakat. Selalu berikan kami petunjuk pencerahan, tentang bagaimana berjuang di tengah masyarakat," kata Poti.

Jameswafat pada usia senjanya yakni 83 tahun sehingga banyak kader yang kehilangan. Apalagi James meninggalkan kenangan sebagai wakil rakyat yang bisa bergaul dengan siapa saja.

"Beliau itu sosok yang santun, ramah bergaul, kita tahu dia bisa diterima dengan daerah pemilihan yang mayoritas orang Melayu. Kan kita tahu beliau itu orang kita bermarga, tapi dengan cara beliau bersilaturahmi berbuat, keterbukaan di tengah masyarakat, beliau bisa diterima di tengah masyarakat dengan enam periode duduk sebagai anggota dewan, baik itu di kabupaten maupun Provinsi," cakapnya lagi.

Dia menjelaskan sudah 30 tahun James menjadi anggota legislatif. Dia terpilih anggota DPRD Riau dari periode 2004-2009 dilanjutkan periode 2009-2014, 2014-2019, dan periode 2019 hingga saat ini. Sebelum menjadi anggota DPRD Riau Empat periode berturut-turut, James juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir.

Untuk diketahui, saat terpilih pada Pileg 2019 lalu, sosok anggota DPRD tertua di Riau James Pasaribu masih semangat pada usia 80 tahun. Meskipun sudah tua ternyata tidak menjadi penghalang baginya untuk berkarya sebagai anggota legislatif.

Sejak setahun terakhir, dari informasi yang diperoleh kondisi kesehatan James Pasaribu, karena faktor usia memang sudah menurun.