Siak tuan rumah Temu Pusaka Indonesia 2022

id temu pusaka indonesia,TPI 2022,TPI Kabupaten Siak

Siak tuan rumah Temu Pusaka Indonesia 2022

Bupati Siak Alfedri melakukan pertemuan dengan perwakilan BPPI untuk membahas persiapan pelaksanaan Temu Pusaka Indonesia Tahun 2022 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Kabupaten Siak di Provinsi Riau menjadi tuan rumah Temu Pusaka Indonesia (TPI) Tahun 2022 yang dijadwalkan berlangsung 19 sampai 21 Agustus mendatang.

Menurut Bupati SiakAlfedri di Siak, Jumat, pemerintah daerah sudah membentuk panitia lokal dan mempersiapkan penyelenggaraan acara tersebut berkoordinasi denganBumi Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI).

Ia mengatakan bahwa BPPIantara lain akan mengundangMenteri Pariwisata dan Ekonomi KreatifSandiaga Salahuddin Unoserta pengusaha HashimDjojohadikusumodan Anderson Tanoto untuk menghadiri pembukaan pertemuan.

Menurut dia, pada malam pembukaan pertemuan tanggal 20 Agustus 2022 akan digelar jamuanmakan malam di Istana Peraduan Siak, yang pada masa lalu menjadi tempat istirahatSultan Syarif Kasim II, serta kunjunganke Istana Assereyah Al Hasyimiah atau Istana Siak.

"Ini untuk pengusulan Siak menjadi warisan dunia ke UNESCO, bagaimana pengembangan kota pusaka termasuk Siak ini," katanya.

"Siak sudah ditetapkan juga sebagai kota pusaka oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sehingga kita dapat anggaran untuk restorasi Tangsi Belanda," ia menambahkan.

Ia menjelaskan bahwa Temu Pusaka Indonesia merupakan acara tahunanBPPI. Tahun laluacara digelar di Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Temu Pusaka Indonesia Tahun 2022 di Kabupaten Siak akan menghadirkan para pakar dan pemerhati cagar budaya dari dalam dan luar negeri.

"Secara teknik ini dari BPPI, nanti berbagi pengalaman kisah sukses melestarikan pusaka Indonesia. Ada temu sapa, temu wicara, temu mitra lokal dan internasional," kata Alfedri.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2022