Masyarakat senang layanan kesehatan hadir saat Bujang Kampung Siak

id Bujang kampung, siak, kesehatan

Masyarakat senang layanan kesehatan hadir saat Bujang Kampung Siak

Warga yang menikmati layanan kesehatan di Bujang kampung. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Program Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung (Bujang Kampung) oleh Bupati dan Wakil Bupati Siak juga menyediakan sejumlah layanan publik. Salah satunya juga dengan membuka layanan kesehatan yang sangat berguna bagi masyarakat.

Pada Bujang teranyar ini di Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau Siak, Jumat (24/06) Dinas Kesehatan Siak dan pusat kesehatan masyarakat setempat membuka sejumlah layanansatunya yang khusus adalah dengan membawa dokter spesialis.

Dokter spesialis yang dibawa adalah dokter spesialis kandungan serta masyarakat juga bisa melakukan USG atau pemeriksaan kandungan. Salah satu pasien hamil yang memeriksakan kandungannya, Rahmalia Syafitri, mengaku senang bisa mendapatkan layanan apalagi gratis.

"Saya USG, hamil sudah tujuh bulan, tahunya ada Bujang Kampung ini dari masyarakat setempat. Kita periksa saja karena di puskesmas tak ada USG," katanya.

Rahmalia yang berumur 23 tahun ini mengatakan ini merupakan pemeriksaan USG baginya yang kedua kali. Pertama dilakukannya di klinik praktek dokter kandungan.

Tak hanya pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan, layanan kesehatan lainnya juga digelar. Diantaranya cek gula darah, tensi, kolesterol, dan asam urat. Ada juga vaksinasi COVID-19 dan sosialisasi penyakit tidak menular.

Salah satu pasien yang memeriksakan diri, Andi Jonaidi mengaku dirinya ke tempat layanan ini hanya untuk periksa saja. Warga Muara Kelantan ini periksa semuanya karena tak dipungut biaya.

"Saya mengecek mana tahu ada gula dan semua dicek mumpung gratis. Kalau ke puskesmas sibuk sekali, tersita waktu. Kalau ke sini sekali saja bisa juga untuk urus semuanya, ' ujar dia.

Kepala Dinas Kesehatan Siak, Toni Chandra yang juga hadir dalam kesempatan Bujang Kampung mengaku memang di puskesmas tidak ada dokter spesialis. Hanya ada dokter umum dan dokter gigi karena memang diperuntukkan untuk pelayanan kesehatan dasar saja.