KPP Pratama Bangkinang buka Pos Pelayanan Pajak setiap hari, ini tujuannya

id kpp bangkinang, djp, djp riau

KPP Pratama Bangkinang buka Pos Pelayanan Pajak setiap hari, ini tujuannya

Suasana Pos Pelayanan Pajak di Bangkinang, Kabupaten Kampar. (ANTARA/HO-KPP Bangkinang)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bangkinang, Kabupaten Kampar, menyelenggarakan layanan pajak di luar kantor dengan membuka pos pelayanan pajak yang berlokasi di samping Pasar Inpres setiap hari untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada wajib pajak di sekitar Kota Bangkinang.

"Sebelum pandemi COVID-19, Pos Pelayanan Pajak Bangkinang tersebut melayani wajib pajak hanya pada hari Selasa dan Kamis, namun sepanjang Bulan April 2022, Pos Pelayanan Pajak Bangkinang akan membuka layanan setiap hari," kata Asisten Penyuluh Pajak, KPP Pratama Bangkinang Fikri Kurniawan di Bangkinang, Selasa.

Ia mengatakan pembukaan pos pelayanan pajak Bangkinang juga merupakan wujud komitmen dari Direktorat Jenderal Pajak untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat setempat mengingat wajib pajak harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk ke lokasi KPP Pratama Bangkinang yang beralamat di Jalan Cut Nyak Dhien II, Kota Pekanbaru.\

Baca juga: KPP Pratama Bangkinang sita aset penunggak pajak

Dia menjelaskan, batas akhir pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) wajib pajak badan tahun pajak 2021 adalah 30 April 2022. Wajib Pajak juga dapat melakukan konsultasi pembuatan neraca keuangan, laporan laba rugi dan asistensi pengisian SPT melalui e-form secara langsung di pos pelayanan.

Layanan lain yang dapat dimanfaatkan oleh Wajib Pajak antara lain pendaftaran NPWP, perubahan data, permintaan EFIN, permintaan kode billing, asistensi pelaporan SPT Tahunan, serta konsultasi umum perpajakan.

Baca juga: KPP Pratama Bangkinang sosialisasi perpajakan terhadap 20 dokter dan Klinik di Kampar

Tidak hanya pegawai pajak, lanjutnya, mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi juga dilibatkan dalam melayani wajib pajak setelah mendapat pelatihan sebelumnya.

Selain itu, Wajib Pajak yang datang ke Pos Pelayanan Pajak Bangkinang juga diimbau untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan berupa memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir.

Baca juga: Dirjen Pajak resmikan Pelayanan Terpadu KPP Pratama Bangkinang