Bengkalis perpanjang PKM level 3 hingga 6 September

id Pemkab Bengkalis,Ppkm bengkalis, bengkalis,Ppkm

Bengkalis perpanjang PKM level 3 hingga 6 September

Anggota Satgas COVID-19 mengimbau masyarakat yang melintas di wilayah Kecamatan Bandar LAksamana untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Sekretaris Satgas COVID-19 Kabupaten Ismail mengatakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga di wilayahnya diperpanjang hingga 6 September 2021 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 37 Tahun 2021.

"PPKM level tiga di Kabupaten Bengkalis mulai hari ini akan diperpanjang hingga 6 September 2021 dan ada kelonggaran yang akan diberikan terhadap kegiatan di masyarakat," ujar Ismail, Selasa (24/8).

Dikatakan Ismail, PPKM diterapkan dalam upaya menekan penyebaran COVID-19 dan juga merubah perilaku masyarakat untuk lebih mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan memakaimasker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Perubahan perilaku ini yang menjadi tanggung jawab kita semua agar masyarakat mematuhi prokes dengan berbagai cara, selain sosialisasi juga peran media sangat penting agar masyarakat bisa memahami pentingnya mematuhi prokes kesehatan dan terhindar terpapar dari COVID-19," ungkapnya.

Selain itu upaya penegakan prokes ke masyarakat terus dilakukan dengan menggelar operasi Yustisi dan bagi masyarakat yang terjaring dan melanggar aturan akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

"Untuk operasi Yusitisi akan kita laksanakan di Kecamatan Mandau," kata Ismail.

Ditambakannya, proses belajar tatap muka direncanakan bakal dibuka kembali dan tentunya penerapan prokes sangat penting agar dalam pelaksanaannya nanti tidak ada terjadi siswa yang terpapar COVID-19.

"Untuk pesta pernikahan juga diberikan kelonggaran yakni jumlah tamu yang datang dibatasi hingga 50 persen dan tetap menerapkan prokes COVID-19," ungkap Ismail.

Baca juga: Pekanbaru masih PPKM level 4

Baca juga: Menkominfo Johnny G. Plate minta masyarakat tetap waspada meski level PPKM diturunkan