Desainer Athan Siahaan ajak generasi muda untuk mencintai Tenun Nusantara

id Berit hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, tenun nusantara

Desainer Athan Siahaan ajak generasi muda untuk mencintai Tenun Nusantara

Peragaan busana "Wastra Nusantara" yang dikerjakan oleh perancang busana Athan Siahaan untuk mengajak generasi muda mencintai kain tradisional Indonesia (ANTARA/HO/Dokumentasi Wastra Nusantara)

Jakarta (ANTARA) - Desainer Athan Siahaan mengajak generasi muda untuk mencintai Tenun Nusantara dengan mengadakan pertunjukan busana bertajuk “Wastra Nusantara” di sejumlah titik di Bali untuk menunjukkan keindahan dari kain tradisional asli Indonesia itu.

Athan menggandeng polisi-polisi di Bali termasuk istri dari Kapolres Gianyar Ayu I Dewa Adnyana untuk menjadi peraga busananya menunjukan keindahan kain tenun di Pulau Dewata.

Baca juga: Buka Paris Fashion Week, Dior gunakan kain tenun ikat dari Indonesia

"Saya akan tetap berjuan untuk melestarikan Wastra nusantara dan akan tetap melakukan perjalanan untuk memperjuangkan Wastra yang sudah menjadi jiwa saya. Apabila kita mau melihat kekayaan Indonesia maka lihatlah Wastra Nusantara dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai pulau Rote betapa kaya nya Wastra Indonesia itu,” ujar Athan dalam keterangannya ditulis, Sabtu.

Wastra memiliki arti kain tradisional, dengan tajuk acara “Wastra Nusantara” maka Athan ingin menunjukan keindahan kain- kain tradisional khusus tenun yang tersebar di seluruh Indonesia.

Beberapa kain tenun yang ditampilkan oleh Athan dalam pagelaran busananya kali ini di antaranya Endek Bali, Ulos Batak, Tenun Ikat NTT, Songket, Doyo Kalimantan, dan tidak tertinggal dari kain Batik.

Ia membuat koleksi busananya menggunakan teknik drapery atau tanpa jahitan dan tanpa memotong kain sehingga pakaian yang ditampilkan sangat terlihat menyatu dengan keindahan Bali.

Lewat koleksi tenunnya itu, Athan pun mengajak generasi muda untuk menggunakan kain tenun buatan para perajin Indonesia sehingga dapat mendukung pemulihan ekonomi yang masih terdampak COVID-19.

“Wastra Nusantara sangat penting bagi Sektor Perekonomian Indonesia, karena ini juga dapat membantu sektor perekonomian, lalu dapat menyerap tenaga kerja sehingga berkontribusi terhadap perekonomian Nasional,” tutup perancang busana itu.

Beberapa titik yang dijadikan lokasi untuk peragaan busana "Wastra Nusantara” di antaranya di Puri Saraswati Gianyar hingga di Zebra Cross Gianyar.

Seluruh peserta dipastikan menjalani protokol kesehatan hingga pemeriksaan COVID-19 dengan metode swab antigen untuk memutus potensi penyebaran COVID-19.

Baca juga: Menelisik Kampung Bandar sentra tenun Pekanbaru

Baca juga: Kain Tenun Badui Diburu Wisatawan


Pewarta: Livia Kristianti
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar