DLH minta jaga kebersihan dari rumah tangga, ini alasannya

id Dlh inhu, corona inhu, berita inhu

DLH minta jaga kebersihan dari rumah tangga, ini alasannya

Kepala DLH Kabupaten Inhu. (ANTARA/ dok)

Rengat (ANTARA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Indragiri Hulu mengngatkan bahwa masyarakat sebaiknya menjaga kebersihan berawal dari rumah tangga, lingkungan tempat tinggal serta tidak membuang sampah sembarangan tempat.

"Mari semua pihak menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Selamet di Rengat, Minggu.

Ia mengatakan, langkah penting adalah dengan menyiapkan kantong - kantong sampah agar tidak berserakan, sedangkan kotak sudah disediakan di sejumlah tempat, maka sampah rumah tangga menjadi aman, setelah itu ada petugas yang bakal mengambil dan membawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Namun, Lanjutnya, jika rumah jauh dari kotak sampah, sebaiknya warga mengantarkannya ke tempat yang terdekat atau mengumpulkannya lalu disampaikan ke instansi terkait dan tidak dibenarkan membuang sembarang.

"Instruksi ini penting, agar masyarakat memahami, karena kebersihan itu menjadi faktor utama," sebut Selamet.

Ia juga menambahkan, sampai baik organik maupun anorganik dipisahkan, hal ini untuk mempermudah petugas menempatkannya di TPA. Oleh karenanya, kotak sampah biasanya ada dua.

Oleh sebab itu, dengan menjaga kebersihan lingkungan, berarti telah menyelamatkan masyarakat dari bau serta sejumlah penyakit akibat dampak kotoran sampah tersebut.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar