PLN Buka Lelang Proyek PLTU Dumai

id pln buka, lelang proyek, pltu dumai

Pekanbaru, 2/8 (ANTARA) - PT PLN (Persero) membuka proses pelelangan untuk proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berdaya 3 x 65 megawatt (MW) di Kota Dumai, Provinsi Riau.

"Tahapan pembangunan PLTU Dumai sekarang dalam tahap lelang," kata General Manager PLN Riau dan Kepri Djoko R Abumanan, di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan PLTU 3 x 65 MW itu dilakukan PLN untuk mengantisipasi tingginya pertumbuhan konsumsi listrik di Riau, khususnya di Dumai.

Menurut dia, proses lelang dilakukan langsung di PLN Pusat di Jakarta.

"Kami tengah menyiapkan beberapa pembangunan listrik di Riau, ini untuk mengantisipasi pertumbuhan konsumsi listrik di Riau yang tertinggi kedua di Sumatera," ujarnya.

Dijelaskanna bahwa pembangunan PLTU Dumai merupakan rencana jangka panjang PLN untuk proyek pembangunan pembangkit listrik di wilayah Sumatra.

Sebabnya, kata dia, PLN melihat kebutuhan listrik di Riau masih tinggi seiring pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk di daerah tersebut.

"Apalagi Dumai menjadi daerah kawasan industri yang terus berkembang pesat tentunya kebutuhan infrastruktur listriknya juga meningkat," ujarnya.

Ia mengatakan bahw lokasi PLTU Dumai itu akan berada di tepi pantai.

Hal tersebut, katanya, untuk memudahkan akses pengangkutan batu bara yang akan menjadi bahan baku pembangkit listrik.

"Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dalam pembebasan lahan untuk proyek pembangkit listrik di Dumai," katanya.