815 peserta ikuti diklat basic safety training

id Wabup inhil, syamsuddin uti, basic safety training

815 peserta ikuti diklat basic safety training

Wabup Inhil, Syamsuddin Uti saat memberikan arahan kepada peserta basic safety training. Senin (24/2). (ANTARA/HO- Porkopim Inhil)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Sebanyak 815 peserta mengikutidiklat basic safety training bagi pelaut yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan. Senin (24/2) di Venue Futsal Kompleks Stadion Sungai Beringin, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir.

Diklat ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat yang diwakili Kepala Bagian Keuangan Umum dan Kerjasama Sukirno Dwi Susilo.

"Diklat ini bertujuan untuk memicu masyarakat untuk kesadaran memiliki sertifikasi kelautan," sebut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tembilahan, Kapten Suratno.

Dia juga mengatakan bahwa diklat pemberdayaan masyarakat Kementerian Perhubungan CQ Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) perhubungan basic safety training/ KLM dan SKK 60 Mil untuk kapal-kapal tradisional dan sertifikasi proficiency pelaut internasional untuk kapal niaga.

"Berlayar tanpa dokumen sangat berbahaya dan bisa kena sanksi pidana," sebutnya.

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan ini yang ke 3 dilaksanakan setelah Dumai dan Kepulauan Meranti.

Sementara itu, Wakil Bupati Syamsuddin Uti mengatakan atas nama Pemda Indragiri Hilir mengucapkan terima kasih telah menunjuk Negeri Hamparan Kelapa Dunia sebagai tempat diklat.

"Ini sangat berguna bagi masyarakat Inhil yang sebagian besar mencari nafkah di laut. Karena, pada hari ini kita diberikan pelajaran bagaimana menjadi nelayan dan berlayar yang baik dengan dilatih tim-tim dari Kemenhub dimana sebelumnya SKK-nya hanya 10 Mil bagi nelayan tradisional," sebut Wabup Indragiri Hilir Syamsuddin Uti.

Pria yang akrab disapa SU ini berharap diklat yang dilaksanakan selama 8 hari ini bisa berjalan dengan lancar.

"Saya ingin para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan serius serta sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang baik pula," tukasnya.

Diketahui diklat ini dihadiri Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Lili Purnama Sita, Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat yang diwakili Sukirno Dwi Susilo, Kepala Kantor Bea Cukai, Kepala Imigrasi, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tembilahan, Kepala Cabang Pelindo, Ketua HNSI serta beberapa Pejabat Eselon dilingkungan Pemkab Indragiri Hilir.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar