Hutan Kota dibangun di Bagansiapiapi

id Hutan Kota,Bagansiapiapi,Rohil

Hutan Kota dibangun di Bagansiapiapi

Pencanangan pembangunan fasilitas Hutan Kota ditandai dengan penanaman pohon oleh Bupati Rokan Hilir, Suyatno didampingi para Asisten, Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Suwandi, Senin (27/1/2020). (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, membangun Hutan Kota di Bagansiapiapi dengan luas lahan lebih kurang enam hektare yang terletak di Jalan Kecamatan, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko.

Bupati Rokan Hilir, Suyatno saat menghadiri acara pencanangan pembangunan fasilitas Hutan Kota di Bagansiapiapi, Senin (27/1) mengatakan bahwa dulunya hutan ini memang semak belukar, sekarang sudah dibenahi secara pelan-pelan.

"Saya juga terkesima melihat kawasan hutan ini sudah dipoles secara bertahap," katanya.

Menurutnya, disamping kawasan ini dijadikan Hutan Kota juga sekaligus sebagai objek wisata. Bupati pun meminta kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir, agar danau yang ada di Hutan Kota itu harus ada ikan dan diperluas lagi.

Selain itu, sebut dia, di dalam hutan ini harus ada tiang listrik, lampu sorot yang berwarna warni agar terlihat indah di malam hari. Juga rumah pohon, panggung hiburan, termasuk jalan masuk harus lebar.

"Jadi, tahun ini insya Allah kita bangun dengan menelan biaya lebih kurang Rp7 miliar. Nanti kalau ada perubahan atau penambahan nanti di 2021 akan kita benahi terus, sehingga ini menjadi sebuah kawasan yang representatif untuk kita jadikan objek wisata," kata Bupati.

Ia mengharapkan agar sama-sama menjaga kawasan Hutan Kota ini dan jangan sampai kayu-kayu yang ada ditebang. "Karena ini hutan akan kita poles, disamping kita lestarikan hutan yang ada di lingkungan ini juga sekaligus untuk pariwisata kita," ujar Suyatno.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir, Suwandi mengatakan, Hutan Kota ini memiliki luas lebih kurang enam hektare. Tahun lalu, kata dia, sudah dimulai penataan termasuk danau yang ada disini. Danau ini nanti ke depannya akan dilengkapi dengan fasilitas permainan anak-anak, patung hewan, kemudian juga ada air terjun dan air mancur.

"Insya Allah 2020 kita sudah mempunyai Hutan Kota yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Suwandi.

Suwandi juga mengharapkan dukungan, terutama masyarakat Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko agar dapat sama-sama menjaga keberadaan Hutan Kota ini dengan tidak menebang pohon yang ada disini, sekaligus menjaga kebersihannya.

Baca juga: Hadiri perayaan Imlek 2571, Ini yang dirasakan Bupati Rohil