Jumlah DPT Pekanbaru Bertambah 3.325 Pemilih

id jumlah dpt, pekanbaru bertambah, 3325 pemilih

Pekanbaru, 29/3(ANTARA)- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru, Yusri Munaf menyebutkan jumlah pemilih atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada Pekanbaru sebanyak 536.113 atau bertambah 3.325 dari Daftar Pemilih Sementara (DPS).

"KPU baru akan melakukan penetapan DPT pada Rabu (30/3) mendatang," ujar YUsri Munaf di Pekanbaru, Selasa.

Yusri menyebutkan bertambahnya jumlah pemilih ini, setelah pihak PPS melakukan verifikasi terhadap jumlah pemilih yang ada. Sebelumnya KPU menjadwalkan selama 15 hari bagi masyarakat yang namanya tidak tercantum dalam DPS untuk segera mendatangi PPS.

"Perbaikan DPS mulai dilakukan mulai tanggal 10 hingga 24 Maret lalu. Pada waktu itu lah, masyarakat harus mengecek apakah namanya ada dalam daftar atau tidak. Jika sudah ditetapkan, tidak ada lagi cerita untuk bisa sebagai pemilih. Kecuali ada rekomendasi dari Panwaslu," kata dosen Universitas Islam Riau ini.

Kandidat doktor di Universitas Utara Malaysia itu juga menyebutkan bahwa DPT pada Pilkada Pekanbaru ini bertambah sebanyak 371 dibandingkan DPT pada Pilpres ini.

"Penyebab pertambahan adalah pemilih pemula dan juga kepindahan penduduk dari daerah lain ke Pekanbaru," katanya.

Kedepannya, ia mengharapkan masyarakat yang terdaftar dalam DPT untuk menggunakan hak politiknya pada 18 Mei mendatang. Menurutnya, partisipasi dari pemilih ini menentukan arah masa depan kota.

"Masyarakat diharapkan jangan apatis terhadap apapun yang terjadi. Hendaklah menggunakan hak pilihnya pada 18 Mei mendatang. Dalam hal ini, partai politik juga harus bertanggung jawab memberikan pelajaran politik," katanya.