ACT Riau distribusikan air bersih di Desa Lubuk Kuranji

id ACT, ACT Riau, Global Zakat

ACT Riau distribusikan air bersih di Desa Lubuk Kuranji

Proses distrbusi air bersih di Desa Lubuk Kuranji. (ANTARA/HO-ACT)

Pekanbaru (ANTARA) - Global Zakat-ACT Riau dengan program Humanity Water Truck menyisir ke beberapa wilayah di Riau, pada Rabu (18/12) di Desa Lubuk kuranji, Kabupaten Pelalawan, untuk distribusikan sebanyak 8.000 liter air bersih kepada warga setempat.

Koordinator Pendistribusian Air ACT Riau, Randi Herwinda, di Pekanbaru, Kamis, menuturkan pendistribusian air bersih ini sebagai respons bantuan dari kelangkaan air bersih yang dialami warga di Desa Lubuk Kuranji.

Meskipun intensitas hujan tinggi di wilayah Riau namun kebutuhan akan air bersih sangat diharapkan oleh warga. Tentunya hal ini jika dibiarkan dengan mengkonsumsi air yang tidak bersih akan berdampak pada kondisi kesehatan warga.
Proses distrbusi air bersih di Desa Lubuk Kuranji. (ANTARA/HO-ACT)


Kondisi tanah berbatu dan dataran tinggi adalah salah satu penyebab air bersih sulit didapat warga.

"Program ini hendaknya bisa terus berjalan karena kami sangat membutuhkan air bersih, walaupun kondisi hujan namun keruh. Sebagian masyarakat ada yang membeli air, dan rata-rata masyarakat setempat adalah petani karet dengan tingginya intensitas hujan, pendapatan berkurang dengan adanya program ini tentu sangat membantu sekali," ucap Kasi Pemerintahan Desa Lubuk Kuranji, Firman.

Humanity Water Truck didatangkan langsung dari Jakarta untuk menjalankan ekspedisi Pulau Sumatra. "Setelah menyapa masyarakat Riau, rencananya Humanity Water Truck akan melanjutkan perjalanan di sejumlah wilayah lain yang terdampak kekeringan di wilayah Sumatera.

Randi melanjutkan, setelah distribusi di Kabupaten Pelalawan ini, kami akan melanjutkan ke wilayah Inhu dan Inhil. Humanity Water Truck merupakan armada penyedia air bersih yang difungsikan di lokasi bencana maupun daerah yang kesulitan air bersih.

Baca juga: ACT salurkan 10.000 dus air minum wakaf untuk Kabupaten Malang

Baca juga: ACT Riau ajak Sahabat Dermawan berbagi


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar