Penyelundupan Harley Davidson bisa ditangani polisi

id Lemkapi, edi hasibuan, penyelundupan harley,harley davidson

Penyelundupan Harley Davidson bisa ditangani polisi

Dokumentasi Menteri Keuangan, Sri Mulyani (kiri), bersama Menteri BUMN, Erick Thohir (kanan), menggelar konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton seri Explorer menggunakan pesawat baru Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak.

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyarankan penyelidikan dugaan penyelundupan komponen motor Harley Davidson yang menyeret mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, bisa ditangani polisi.

"Polda Metro Jaya bisa, Bareskrim juga bisa. Namun, kalau melihat kasusnya yang begitu besar, saya mengharapkan Bareskrim saja," kata Direktur Eksekutif Lemkapi,Dr Edi Saputra Hasibuan, saat dihubungi, di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia harus segera berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan untuk pengembangan penyelidikan kasus itu.

Untuk kasus penyelundupan seperti itu, kata dia, biasanya memang ditangani Bea dan Cukai terlebih dulu dari aspek administrasinya, setelah itu aspek pidananya ditangani polisi.

"Saya kira sudah waktunya Bareskrim Polri mengambil langkah penyelidikan. Setelah terang kasusnya seperti apa, ada tindak pidana di dalamnya, baru meningkat menjadi penyidikan," kata dia.

Pengajar Universitas Bhayangkara Jakarta itu mengingatkan perlunya Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia menangani kasus itu adalah untuk memudahkan koordinasi dalam penyelidikan.

"Ini kan menyangkut kelas kakap. Mungkin perlu koordinasi soal barang, kan dari luar negeri juga. Siapa-siapa yang terlibat di situ. Saya kira lebih tepat Bareskrim Polri yang tangani," katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN,Erick Thohir,memberhentikan Askhara terkait kasus sepeda Bromptonseri Explorer dan motor HarleyDavidsonSoftailShovelheadklasik yang ditemukan di dalam pesawat baru Garuda Indonesia,Airbus A330-900neo oleh Bea Cukai, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Menteri BUMN dan Komisaris Garuda berhentikan direksi terkait Harley

Baca juga: Ternyata pembawa Harley ilegal tak menyukai sepeda motor