BKSDA pasang kamera trap atau pengintai demi memastikan jejak harimau

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,BKSDA pasang kamera trap

BKSDA pasang kamera trap atau pengintai demi memastikan jejak harimau

Ilustrasi Harimau (Antara Sumut/ist)

Tapsel (ANTARA) - Pihak Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III akan memasang kamera trap di sekitaran Kantor Pengadilan Agama yang jaraknya dekat Kantor Bupati Tapanuli Selatan untuk memastikan apakah jejak yang di temui merupakan jejak harimau atau hewan lainnya.

Kepala KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, Gunawan, Senin, mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan memasang kamera trap atau alat pengintai di beberapa titik yang dicurigai.

Baca juga: BBKSDA: harimau keluar area Chevron dengan lompati pagar 2 meter

Beberapa waktu kebelakang, KSDA bersama KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) VI Sipirok langsung turun langsung memastikan laporan masyarakat melihat jejak yang dicurigai sebagai jejak binatang yang terdapat di sekitaran Kantor Pengadilan Agama yang suasananya di kelilingi hutan.

Kabar itu langsung menyebar dan sudah menjadi buah bibir di masyarakat apalagi sempat merebak isu ada orang yang langsung melihat keberadaan seekor harimau di sekitaran Kantor Pengadilan Agama tersebut.

"Saat kita turun meninjau ke lokasi kita menemui jejak tersebut hanya saja bentuknya rapi. Kuat dugaan bukan jejak kaki harimau. Soalnya kalau jejak kaki harimau bentuknya empat jari," jelas Gunawan.

Gunawan tidak memungkiri bahwasanya wilayah sekitaran areal hutan Kantor Bupati Tapanuli Selatan merupakan lintasan harimau.

Dia menjelaskan kalau saja harimau memiliki kebiasaan melintas wilayah teritorialnya dalam 10 hari sekali untuk mencari mangsa.

"Biasanya melintas pada sore menjelang malam atau pagi sebelum cahaya matahari terang," katanya.

Baca juga: Harimau sumatera Bonita dan Atan Bintang akan dilepasliarkan ke kawasan hutan

Baca juga: BBKSDA: 3 harimau yang terkam buruh panen akasia hingga tewas di Riau


Pewarta : Juraidi dan Kodir