Toyota GR Supra diperkenalkan di GIIAS 2019

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Toyota GR Supra

Toyota GR Supra diperkenalkan di GIIAS 2019

Toyota GR Supra Wujudkan Supreme Fun To Drive—Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Kazunori Minamide (kiri) saat memperkenalkan Toyota GR Supra, di booth Toyota pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Selasa (23/7). Sang legenda hadir di Indonesia dengan varian 3.0L, GR Supra dengan tampilan coupe ini dirancang untuk melahirkan sensasi yang mampu membangunkan emosi kegembiraan tertinggi atau supreme fun to drive bagi penggunanya. (Riau.Antaranews/Frislidia)

Driving Excitement dalam Balutan Legendary Sportscar
Pekanbaru (ANTARA) - PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan sportscar Toyota GR Supra di ajang GIIAS 2019, mobil yang dikembangkan untuk memberikan excitement dalam pengalaman berkendara serta menghadirkan kembali ciri motorsport pada brand Toyota. Tak hanya mumpuni di lintasan pacu, mobil dengan tampilan coupe ini menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya. GR Supra dirancang untuk melahirkan sensasi yang mampu membangunkan emosi kegembiraan bagi penggunanya.

“Kehadiran GR Supra ini merupakan wujud apresiasi kami kepada pelanggan sekaligus menunjukkan semangat Toyota yang senantiasa berupaya menghadirkan produk, teknologi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern. Melalui GR Supra ini, kami ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever Betters Cars bagi para pelanggannya,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

GR Supra adalah Generasi ke-V dari legenda sportscar Toyota Supra yang Generasi pertamanya diluncurkan pada 1978. Diikuti Generasi II pada 1981, Generasi III pada 1986, Generasi IV pada 1993 dan pada 2002 produksi Generasi IV dihentikan. Artinya, model Supra ini sempat vakum selama 17 tahun. Kesempatan untuk menghidupkan kembali “Supra” disambut baik, tidak hanya oleh para konsumen, namun juga Akio Toyoda sendiri, sebagai Presiden Toyota Motor Corporation.

Dalam pengembangannya, GR Supra melewati serangkaian uji coba di lintasan sirkuit dan berbagai jalan raya. Targetnya, menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati namun tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari. Pengembangan GR Supra lebih menekankan upaya mencapai kinerja sensivitas yang tinggi dimana setiap dinamika atau gerak mobil bisa menimbulkan emosi kegembiraan. Menghasilkan driveability yang kuat menjadi salah satu poin utama waku-doki (mengasyikan) dalam pengembangan GR Supra agar bisa tercapai.

Sebelum resmi diperkenalkan pertama kali di Detroit Motor Show, Amerika Serikat, Januari 2019, kinerja GR Supra telah melalui serangkaian uji coba yang panjang. Melalui tim GAZOO Razing, Toyota sudah mengikutsertakan prototipe GR Supra pada lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nurburgring, Jerman. GAZOO Racing adalah bagian Toyota Motor Corporation (TMC) dengan tugas menciptakan mobil Toyota yang lebih emosional dan menyenangkan.

Telah menjadi keyakinan atau filosofi Toyota sejak era pendiri Kiichiro Toyoda bahwa kondisi ekstrim di lintasan pacu akan mampu mengungkapkan potensi kendaraan secara menyeluruh, hal mana tidak akan terlihat saat mengemudi sehari-hari di jalan raya. Partisipasi pada ajang motorsport memberi peluang untuk menguji batas maksimum kendaraan, untuk kemudian mendorong batas ini lebih jauh sehingga performa mobil akan menjadi lebih baik. Inilah yang dilakukan Toyota dalam mengembangkan GR Supra.

Sementara itu melalui uji coba di lintasan jalan raya di berbagai negara, para engineer akan mengetahui karakter yang harus dipunyai GR Supra sebagai sportscar yang akan diproduksi masal dan dipasarkan secara global. Semua itu bertujuan untuk menemukan titik keseimbangan optimal bagi tiga elemen kunci stabilitas kendaraan yaitu jarak sumbu roda (wheelabase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity). Keseimbangan tiga elemen inilah yang bisa menjamin sportscar sejati ini tetap stabil dalam berbagai kondisi lintasan, terutama saat melewati tikungan.

Dari rangkaian uji coba bertahun-tahun itu, engineer memutuskan untuk memperkecil rasio wheellbase menjadi 2.470 mm. Pusat gravitasinya yang rendah juga memberikan kestabilan saat berkendara, terutama saat menikung. Distribusi berat kendaraan dibuat seimbang atau 50:50 antara bagian depan dengan belakang dan ini menjadi elemen penting untuk menjaga performa GR Supra agar tidak limbung saat melintasi tikungan.

Guna lebih memperkuat driveability, gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada track yang lurus.

Untuk tenaga penggerak, engineer tetap mempertahan konfigurasi legendaris Supra dengan mesin 3.000 cc Turbo 6- silinder segaris. GR Supra dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic. Mesin 3.000 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 PS yang dicapai pada putaran mesin 5.000-6.500 rpm, dan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm.

"Dikembangkan dengan misi untuk mencapai Supreme Fun To Drive, GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu namun menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya. Kehadiran GR Supra merupakan bagian dari semangat Toyota Let’s Go Beyond untuk senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan sejalan dengan upaya mewujudkan Total Ownership Experience melalui pilar Beyond Product, Beyond Techonology, dan Beyond Service," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Kazunori Minamide.

Eksterior Kian Aerodinamis

Dengan melakukan improvement pada sejumlah titik, eksterior GR Supra ini lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya. Desain akhir berhasil mengurangi hambatan udara dan secara efektif juga menghasilkan tekanan untuk meningkatkan handling dan stabilitas. Bumper depan dan belakang terlihat lebih dinamis. Bagian samping tampak lebih ramping sehingga velg Alloy Sporty Design dibalut ban dengan ukuran 19” yang digunakan terlihat lebih menonjol.

Disain bagian atas hadir dengan double bubble yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang untuk memberi tambahan down force. Spoiler belakang berbentuk duck-tail tampak terintegrasi dengan desain buritan, sehingga memberikan kesan kuat dan sporty.

Ekterior GR Supra juga dilengkapi 6 lampu LED pada bagian depan dan juga pada lampu kombinasi di bagian belakang.

Interior Nyaman dan Sporty

Tata letak interior GR Supra dirancang untuk memberikan kesan alami sehingga memungkinkan pengemudi berkosentrasi penuh saat berkendara. Tampilan meter-cluster memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan. Kabin juga dilengkapi sistem multimedia berlayar 8 inchi dengan teknologi layar sentuh dan didukung 10 speaker.

Suspensi menggunakan teknologi AVS (adaptive variable suspension) yang dapat mengontrol respon terhadap permukaan jalan. GR Supra juga dilengkapi dengan mode berkendara ‘Normal’ atau ‘Sport’ yang dapat disesuaikan dengan selera pengemudi.

"Kami memperkenalkan Toyota GR Supra kepada pengunjung GIIAS 2019 selaras dengan kebutuhan konsumen yang kian dinamis. Pelanggan kini tidak lagi hanya berorientasi pada aspek fungsional, tapi juga pada sisi emosional. Inilah yang menjadi arah produk mobil Toyota ke depan, termasuk GR Supra," kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.