Vidio - Pemilu di pedalaman Riau, Mendengar harapan Suku Talang Mamak

id Suku talang mamak,daerah pedalaman riau,pemilu 2019,pemilu di pedalaman,berita riau terbaru,berita riau terkini,berita riau antara

Vidio - Pemilu di pedalaman Riau, Mendengar harapan Suku Talang Mamak

Pemangku adat atau Batin Suku Talang Mamak, Urusan, berada di rumah tradisional berdinding kulit kayu dan beratap daun rumbai di Desa Talang Gedabu Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, pada 6 Maret 2019. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Berkaitan dengan Merayakan Demokrasi Indonesia pada Pemilu 2019, wartawan Antaranews menyambangi masyarakat Suku Talang Mamak di pedalaman Provinsi Riau.

Talang Mamak, berasal dari kata talang yang berarti ladang dan mamak yang bermakna ibu, tergolong Suku Melayu Tua, dikenal juga sebagai Suku Tuha atau suku yang pertama datang di Indragiri Hulu.

Mereka menyebut keturunan dari datuk patih nan sebatang, asal Minangkabau, yang kerap dipanggil mamak, yang membuka talang (ladang) atau tempat pemukimam baru. Generasi turunan mereka menyebut dirinya sebagai Talang Mamak. Hingga kini mereka memang bermukim di berbagai daerah pelosok di Kabupaten Indragiri Hulu.

Simak video kehidupan Suku Talang Mamak menghadapi Pemilu serentak 2019 berikut ini



Baca juga: SD Plus, Upaya Suku Talang Mamak untuk "Merdeka" dari Buta Aksara

Baca juga: KPU tambah jumlah TPS untuk Suku Talang Mamak di daerah pedalaman Riau