95 Desa Di Bengkalis Ambil Bagian Dalam Pilkades Serentak 2017

id 95 desa, di bengkalis, ambil bagian, dalam pilkades, serentak 2017

95 Desa Di Bengkalis Ambil Bagian Dalam Pilkades Serentak 2017

Bengkalis (Antarariau.com)- Sebanyak 95 desa di delapan kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dipastikan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 2017.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin di Bengkalis, Rabu, mengatakan, 95 desa yang mengikuti Pilkades serentak diantaranya 42 desa induk dan 53 desa pemekaran.

Mereka terdiri dari, Kecamatan Bengkalis sebanyak 21 desa, Bantan 19 desa, Bukit Batu 9 desa, Siak Kecil 13 desa, Rupat 8 desa, Rupat Utara 4 desa, Mandau 11 desa dan Pinggir sebanyak 10 desa.

Ia mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2016 tentang desa, diamanatkan suksesi kepala desa harus dilaksanakan secara serentak, yakni dilakukan secara serentak satu kali atau bergelombang paling banyak tiga kali dalam jangka waktu enam tahun.

"Untuk tertib dan suksesnya pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Bengkalis, diharapkan perhatian dan kerjasama semua pihak terhadap hal yang berkaitan dengan pilkades," katanya.

Sementara itu, lanjutnya lagi, Agar pelaksanaan pilkades berjalan sukses beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) bersama Instansi/SKPD terkait agar segera menindaklanjuti penyiapan perangkat aturan yang diperlukan untuk pelaksanaan pilkades serentak.

Kedua, panitia pemilihan kepala desa tingkat kabupaten diharapkan dapat melaksanakan tugas secara optimal, sehingga pelaksanaan pemilihan kepala desa dapat berlangsung aman, tertib dan lancar. seperti memberikan bimbingan dan pendampingan yang diperlukan, untuk membantu panitia pemilihan kepala desa, pada masing-masing desa, agar dapat melaksanakan tugas secara baik dan benar.

"Selanjutnya situasi kondusif, tertib dan aman dalam masyarakat perlu tetap terpelihara dan terjaga dengan baik, untuk itu kami harapkan kerjasama dari semua pihak untuk mewujudkannya. Dalam hal ini mohon bantuan pihak kepolisian untuk dapat mengkondisikannya, semoga Pilkades serentak di Kabupaten Bengkalis ini, menjadi yang terbaik dan sebagai percontohan di Provinsi Riau," ujar amril. (ADV)