Bengkalis Siap Dukung KPK Cegah Korupsi

id bengkalis siap, dukung kpk, cegah korupsi

Bengkalis Siap Dukung KPK Cegah Korupsi

Bengkalis, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, siap mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah korupsi khususnya di daerah yang dikenal dengan kota terubuk itu.

"Kita tentu akan tetap komitmen untuk melakukan langkah-langkah preventif terhadap segala bentuk tindak pidana korupsi," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin usai menghadiri rapat koordinasi supervisi pencegahan dan penindakan Korupsi terintegrasi di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau, Rabu.

Apalagi, kata dia, Provinsi Riau tak terkecuali Kabupaten Bengkalis yang merupakan salah satu daerah yang terus dipantau atau disupervisi KPK.

Untuk itu, seluruh elemen di Negeri Junjungan harus mendukung upaya KPK dalam mencegah korupsi

Ia mengatakan, dalam rakor tersebut KPK menekankan kepada setiap daerah untuk memperhatikan masalah transparansi dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dengan menerapkan informasi teknologi seperti e-planing, e-budgeting dan e-procurement.

Sejauh ini Kabupaten Bengkalis sudah melaksanakan sebagian dari penerapan inforamasi teknologi tersebut.

"Hal ini akan terus ditingkatkan lagi sehingga kedepan mulai dari perencanaan anggaran dan pelaksanaan pengadaan barang/jasa akan menghandalkan kemajuan informasi teknologi," katanya.

Menurut Amril, dalam menjalankan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan, pencegahan korupsi dimulai dari perencanaan, kemudian proses pelalangan, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa serta masalah pemberian perizinan.

"Tidak hanya itu, upaya pencegahan korupsi butuh sinergitas dari seluruh Aparatur Sipil Negara, mulai dari hal-hal terkecil," katanya.

Rakor KPK yang dibuka oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman tersebut dihadiri Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan sejumlah narasumber dari Jakarta dan seluruh bupati/wali kota, Ketua DPRD dan inspktur kabupaten/kota.

Sementara dari Kabupaten Bengkalis, selain Bupati, turut menghadiri kegiatan yang didukung KPK ini, Ketua DPRD Heru Wahyudi, Bengkalis Wakil Bupati Bengkalis Muhammad, Sekretaris Daerah Burhanuddin dan Inspektur Kabupaten Bengkalis Mukhlis.