Sambil Latihan Rutin, Pesawat Tempur Skuadron 12 Pekanbaru Pantau Karlahut

id sambil latihan, rutin pesawat, tempur skuadron, 12 pekanbaru, pantau karlahut

Sambil Latihan Rutin, Pesawat Tempur Skuadron 12 Pekanbaru Pantau Karlahut

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Skadron Udara 12 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru melaksanakan pemantauan titik api kebakaran hutan dan lahan di Riau menggunakan pesawat Hawk 100/200.

"Pemantauan dengan pesawat Skadron Udara 12 itu dilakukan sejak Senin lalu (7/3) bersamaan dengan latihan rutin," kata Komandan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Dedy Suprianto di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pemantauan tersebut bekerjasama dengan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru guna menentukan koordinat titik api yang terpantau citra satelit.

Selanjutnya, hasil dari pantauan oleh personil TNI AU menggunakan pesawat tempur itu disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau untuk segera ditanggulangi.

Menurut Dedy, area yang dilaksanakan pemantauan meliputi seluruh wilayah yang ada di Provinsi Riau yang juga menjadi area latihan terbang bagi pesawat Hawk 100/200.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Henri Alfiandi menyampaikan bahwa upaya yang dilakukan oleh Skadron 12 merupakan perwujudan kepedulian terhadap kondisi provinsi Riau.

Danlanud berharap dengan adanya pemantauan dari udara seperti ini dapat mencegah semakin banyaknya lahan ataupun hutan yang terbakar, sehingga tidak berdampak terlalu buruk terhadap masyarakat Riau.

Pemerintah Provinsi Riau mulai Senin lalu (7/3) menetapkan status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) sebagai upaya untuk mempercepat pencegahan dan penanggulangan kebakaran.