Sekda Bengkalis Ingatkan SKPD Selalu Punya Data yang Update

id sekda bengkalis, ingatkan skpd, selalu punya, data yang update

Sekda Bengkalis Ingatkan SKPD Selalu Punya Data yang Update

Bengkalis, (Antarariau.com)- Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, H Burhanudin menyampaikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di daerah itu untuk selalu meng up-date data terbaru guna memberikan pelayanan terbaik.

"Dalam merencanakan dan melaksanakan setiap kegiatan, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah mesti menggunakan data terbaru. Data yang ada harus senantiasa di-up date, karena sifat data itu tidak statis," kata Burhanuddin dalam keterangannya di Bengkalis, Sabtu.

Ia mengatakan, keakuratan data harus senantiasa tersedia, diketahui dan dimiliki sehingga apabila diperlukan, baik itu oleh pimpinan, atau pihak lainnya, dengan mudah dan cepat dapat dipenuhi.

"Sekecil apapun data yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebuah SKPD, harus tersedia dan merupakan data terkini yang valid, lengkap dan akurat," ujarnya lagi.

Menurut dia, data disemua SKPD di daerah itu tidak bisa hanya tebak-tebakan saja, akurasinya harus bisa dipertanggungjawabkan.

Dijelaskannya, data yang akurat, valid, lengkap, dan informatif itu sangat dibutuhkan. Sebab keberadaannya itu diperlukan dalam memberikan pelayanan yang baik, cepat dan tepat sasaran pada seluruh lapisan masyarakat.

Terlebih lagi saat ini, penggunaan elektronik semakin canggih, sehingga jika seseorang maupun suatu lembaga menginginkan data dari SKPD, maka hal itu akan memudahkan untuk memperoleh data itu sendiri.

Sekda mencontohkan seperti Dinas Pendidikan Misalnya, harus menyediakan data seperti berapa jumlah lokal untuk Sekolah Dasar (SD) hingga SMA, berapa kekurangan dan berapa pula yang butuh perbaikan.

"Termasuk juga data guru negeri dan guru honorer, seperti apa penyebarannya, sudah cukup atau malah melebihi dari kebutuhan. Data-data seperti ini sangat penting dalam upaya kita merencanakan atau membuat program lanjutan," ujarnya.