Menanti Konstribusi Ekonomi Syariah Pada Perekonomian

id menanti, konstribusi ekonomi, syariah pada perekonomian

 Menanti Konstribusi Ekonomi Syariah Pada Perekonomian

Oleh Satyagraha

Jakarta, (Antarariau.com) - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam pembukaan acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2015 menekankan pentingnya peran industri jasa keuangan dan ekonomi syariah dalam pembangunan nasional.

Selain itu, industri keuangan syariah juga harus berperan besar dalam mendorong tingkat pemerataan serta mengentaskan kemiskinan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat kecil.

"Prinsip keuangan Islam merupakan prinsip yang tepat untuk mewujudkan financial inclusion dan mampu mendorong tingkat pemerataan dalam meningkatkan pertumbuhan nasional serta kesejahteraan bersama," katanya dalam acara pembukaan ISEF di Surabaya, beberapa waktu lalu.

Hal itu patut disadari karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi m

Muslim terbesar di dunia, namun kontribusi keuangan syariah belum sepenuhnya memadai dalam mendukung kinerja perekonomian dan mengatasi masalah kesenjangan.

Padahal industri keuangan syariah yang berkembang di Indonesia sejak 1990-an, makin bertumbuh pesat dengan lahirnya berbagai unit usaha dan jumlah nasabahnya saat ini telah tercatat mencapai 18 juta rekening.

Menurut Bambang, pemerintah telah memberikan perhatian terhadap pengembangan ekonomi syariah, antara lain dengan menyalurkan gaji PNS dan Polri melalui bank syariah, menerbitkan obligasi syariah untuk portfolio industri keuangan syariah serta meluncurkan Sukuk Ritel untuk memancing investasi masyarakat terhadap produk syariah yang aman dan menguntungkan.

"Pemerintah juga menjalin beberapa kerja sama dengan dunia internasional, salah satunya dengan Islamic Development Bank (IDB), yang merupakan mitra pembangunan Indonesia dalam hal permodalan dan pembiayaan produktif, investasi infrastruktur sosial ekonomi serta melakukan penelitian atas kegiatan ekonomi syariah," tambahnya.

Bank Indonesia (BI) pun menyiapkan empat langkah untuk mendukung percepatan pengembangan ekonomi syariah, agar produknya makin diminati oleh masyarakat dan bisa memberikan kontribusi terhadap kinerja perekonomian nasional.

Bersambung ke hal 2....