BPBD Berhasil Padamkan 35 Titik Api Riau

id bpbd berhasil, padamkan 35, titik api riau

BPBD Berhasil Padamkan 35 Titik Api Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengklaim berhasil memadamkan 35 titik api yang tersebar di enam kabupaten di wilayah tersebut.

"Alhamdulillah setelah pagi tadi sempat terdeteksi 49 titik panas dengan 35 diantaranya dipastikan titik api, sore ini Riau dipastikan bersih dari kebakaran," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger di Pekanbaru, Minggu.

Ia menjelaskan sebaran titik api pada Minggu pagi berada di Kabupaten Meranti, Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Pelalawan dan Siak.

Guna mengatasi melonjaknya titik api di Riau, Edwar mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan BPBD masing-masing daerah yang terbakar serta mengerahkan helikopter untuk melakukan pengeboman air.

Ia menjelaskan kabupaten Siak merupakan daerah dengan jumlah titik api terbanyak mencapai 12 titik api.

"Untuk Siak tadi kita kerahkan helikopter untuk melakukan pengeboman air. Selain itu ratusan petugas gabungan terus memadamkan dari darat. Hasilnya Siak dipastikan nihil titik api," jelasnya.

Selain Siak, dia juga menjelaskan pengeboman air dilakukan di Pelalawan. "Tadi pagi di Pelalawan sempat terdeteksi dua titik api yang berada di Kerumutan. Helikopter dan tim darat telah berhasil kendalikan titik api tersebut," jelasnya.

Sementara sejumlah wilayah lainnya seperti Bengkalis, Meranti, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir dipastikan bebas kebakaran lahan.

Menurut Edwar, total luasan lahan yang terbakar pada hari Minggu ini mencapai 200 hektare, dan sebagian besar lahan yang terbakar merupakan lahan gambut yang pernah terbakar sebelumnya.

"Selain ada lahan baru yang terbakar, tapi sebagain besar dipastikan gambut yang pernah terbakar sebelumnya kembali timbul api. Bahkan menyebar," jelasnya.

BPBD Riau saat ini menyiagakan dua unit Helikopter yakni MI 171 dan Sikorsky setelah satu unit Helikopter lainnya Camorv dikerahkan ke Sumatera Selatan guna membantu pemadaman kebakaran lahan dan hutan di daerah tersebut.

Ia menegaskan BPBD yang merupakan bagian dari Tim Satuan Tugas Kebakaran Lahan dan Hutan akan terus berupaya membebaskan Riau dari kebakaran lahan.