Akhirnya BPBD Inhil Berhasil Padamkan Karhutla Di Kateman

id akhirnya bpbd, inhil berhasil, padamkan karhutla, di kateman

Akhirnya BPBD Inhil Berhasil Padamkan Karhutla Di Kateman

Kateman (Antarariau.com) - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kelurahan Tagaraja, Kecamatan Kateman yang terjadi pada Jum at (17/2).

"Kami menurunkan tim yang terdiri dari 13 personel dan di-back up empat unit mesin pemadam apung menuju lokasi Karhutla setelah mendapatkan informasi dari masyarakat," ungkap Kapala pelaksana (Jalaksana) BPBD Inhil, Yuspik di Tembilahan, Sabtu.

Upaya pemadaman karhutla oleh tim BPBD dipimpin langsung oleh Kalaksa BPBD Inhil, Yuspik.

Yuspik mengatakan, karhutla yang terjadi baru akan membakar lahan kosong yang berlokasi di belakang Rumah Sakit Raja Musa Kelurahan Tagaraja, Kecamatan Kateman.

Namun dengan ketangkasan personel, Api yang sebelumnya mulai akan membakar lahan segera dapat dipadamkan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang melihat dan mengetahui adanya kebakaran hutan dan lahan, agar segera menghubungi pihak desa dan kelurahan atau masyarakat peduli api (MPA) setempat sehingga dapat diteruskan kepada petugas kami," himbaunya.

Dalam hal ini, Bupati Inhil Muhammad Wardan mengapresiasi atas gerak cepat pihak BPBD Inhil dalam mengatasi kasus karhutla. Dikatakanya, petugas BPBD harus terus standby dalam upaya pencegahan dan penanggulangan adanya Karhutla di kawasan Inhil guna mengurangi dampak kabut asap.

"Saya tentu saja mengapresiasi gerak cepat personel BPBD yang melakukan pemadaman Karhutla di Kateman," sebutnya.

Selain itu, Pemerintah bersama instansi yang ada juga sangat perlu menciptakan koordinasi yang kuat dalam upaya pemadaman dan sosialisasi bahaya karlahut untuk mendukung tercapainya target Riau bebas asap tahun 2017. (ADV)

Oleh: Adriah Akil