FPJ tradisional hibur masyarakat Benai Kuansing, ada 105 perahu

id Teluk Kuantan,Kuansing

FPJ tradisional hibur masyarakat Benai Kuansing, ada 105 perahu

Bupati Suhardiman Amby di Tengah Masyarakat Benai (ANTARA/Asri)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Ribuan masyarakat Kecamatan Benai, Kuantan Singingi, memadati gelanggang Pincuran Sati menyaksikan Festival Pacu Jalur (FPJ) tradisional 2024.

Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby bangga melihat persiapan ratusan jalur dengan atlet di Lapangan Bola Kaki Pasar Benai menghadiri acara pembukaan, Sabtu.

"Saya berharap FPJ tradisional ini sukses sampai akhir perlombaan. Mari dukung bersama," kata Suhardiman Amby saat pembukaan.

Semua atlet yang mengikuti festival pacu dapat menjaga kekompakan, menunjukkan semangat perpacuan terus berkobar di tengah-tengah masyarakat.

Semangat itu dapat dicontohkan, dilestarikan hingga anak cucu. Semua atlet jalur menjaga sportivitas yang tinggi karena ivenini bukan saja mencari menang tetapi wujud pelestarian budaya.

"Dengan digelarnya pacu jalur akan mampu mendatangkan wisatawan dari luar datang ke Kuansingsebab wisatawan itu akan mendongkrak perekonomian dan memacu pertumbuhan usaha kecil masyarakat.

Sementara, Kapolsek Kuantan Tengah KOMPOL Subagjaberharap agar pacu jalur berjalan tertib aman dan sukses, sejumlah personel diturunkan di beberapa lokasi di Benai.

Sebelumnya telah ada pembekalan personel secara optimal sebelum turun lapangan untuk memberikan pengamanan.

"Kita juga sudah melaksanakan apel pasukan sebelum pembukaan pacu," sebutnya.

Untuk diketahui, suksesnya acara FPJ di Benai, sebelumnya telah dilakukan Technical meeting (TM) dan pengundian pacu jalur rayon Kecamatan Benai digelar, Jumat (19/7) siang.

Ketua Panitia FPJ Darwis menyebutkan, sesuai data ada 105 jalur yang akan berlaga di tepian gelanggang Pincuran Sati.