Resmikan pabrik baterai EV, Presiden Jokowi tandatangani mobil Kona Electric

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Jokowi

Resmikan pabrik baterai EV, Presiden Jokowi tandatangani mobil Kona Electric

Presiden Joko Widodo meninjau sebuah kendaraan listrik dan alat pengisi daya baterainya saat meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) yang menandai pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021). Proyek pembangunan pabrik baterai mobil listrik pertama di Asia Tenggara ini merupakan realisasi investasi konsorsium LG dan Hyundai yang terdiri atas Hyundai Motor Company, KIA Corporation, Hyundai Mobis dan LG Energy Solution. (ANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani mobil Kona Electric untuk menandai peresmian pabrik baterai dan ekosistem kendaraan listrik milik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Kendaraan berwarna putih tersebut ditandatangani Presiden Jokowi di bagian kap mobilnya, usai ia menyampaikan sambutan dan menandatangani dua prasasti peresmian pabrik.

Penandatanganan mobil tersebut merupakan momentum istimewa, karena Kona Electric adalah kendaraan listrik pertama yang seluruhnya buatan Indonesia.

Dengan kemampuan jarak tempuh lebih dari 600 kilometer dalam satu kali pengisian daya baterai (charging), mobil tersebut dijual dengan harga sekitar Rp500 juta.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada dua perusahaan Korea Selatan yaitu Hyundai dan LG, atas komitmen mereka membangun pabrik sel baterai kendaraan listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Ia berharap konsorsium yang dibentuk Hyundai dan LG dengan nilai investasi total Rp160 triliun untuk proyek ekosistem kendaraan listrik tersebut akan semakin mempererat hubungan Korsel dan Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Polri terus layani masyarakat dengan sepenuh hati

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau pompanisasi di Desa Krendowahono Karanganyar